Puluhan MPLIK diparkir di Jalan Usaha Bersama, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Jumat 20 Mei 2016. Antara Foto/Jessica Helena Wuysang
Puluhan MPLIK diparkir di Jalan Usaha Bersama, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Jumat 20 Mei 2016. Antara Foto/Jessica Helena Wuysang

Anggota DPR Sayangkan Mobil Internet Kecamatan Terbengkalai

Nasional akses internet
Tri Kurniawan • 01 Juni 2016 08:00
medcom.id, Jakarta: Mobil Penyedia Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) di Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Barat, terbengkalai. Bahkan, ada MPLIK yang tak terurus di parkir di tengah sawah.
 
Anggota Komisi I DPR Evita Nursanti mengaku menyaksikan langsung MPLIK di tiga daerah tersebut tidak terurus. "Kami menerima pengaduan ada mobil-mobil MPLIK yang ditempatkan di sawah, kami pun mencari tahu," kata Evita dilansir Antara, Rabu (1/6/2016).
 
Menurut Evita, kunjungan kerja ke tiga daerah tersebut sangat penting untuk pembenahan dan evaluasi program universal service obligation (USO). Ia bertemu kepala daerah dan kepala Dinas Komunikasi dan Informasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anggota DPR Sayangkan Mobil Internet Kecamatan Terbengkalai
MPLIK di Kantor Dinas Perhubungan dan Kominfo Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa 3 September 2013. Antara Foto/Basri Marzuki
 
Dalam pertemuan itu, Evita menanyakan bagaimana realisasi program pusat di daerah, serta penyebab MPLIK tidak digunakan sebagaimana mestinya.
 
"Sekarang, kami mau membicarakan dengan Kementerian Kominfo terutama terkait mobil-mobil MPLIK tersebut akan dipergunakan untuk apa ke depannya, karena sesuai kontrak seharusnya mobil tersebut setelah empat tahun menjadi milik pemerintah daerah," katanya.
 
Evita menyayangkan program yang ia nilai sangat baik, namun pada pelaksanaannya belum maksimal dengan perencanaan dan koordinasi yang baik antara pusat dan daerah. "Ke depan kami harapkan hal ini tidak
terjadi lagi karena anggaran yang digunakan tidak sedikit," kata dia.
 
Evita melihat meski ada mobil MPLIK terbengkalai di tengah sawah, masih lebih baik daripada Program Penyedia Layanan Internet Kecamatan (PLIK). Sebab, semua peralatan PLIK sudah tidak ada jejaknya.
 
"Untuk Program MPLIK kalau mobilnya masih bagus dan peralatan masih ada, kami usulkan agar kendaraan ini dialokasikan dan dipakai untuk pengembangan UKM atau pertanian," ujar Evita.
 
Sebanyak 61 MPLIK mangkrak di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, setelah program tersebut dihentikan. Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan bahwa aset tersebut milik penyedia jasa yang ditetapkan.
 
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjelaskan, pihaknya hanya membeli jasa layanan untuk program MPLIK yang dibiayai melalui mekanisme kewajiban layanan universal. "Ada yang ditunjuk jadi penyelenggara MPLIK, saya beli jasa dan asetnya," kata Rudiantara.
 
MPLIK merupakan program kementerian pada 2010 dan dioperasikan pada 2011. Pada Desember 2014 setelah rapat evaluasi dengan Komisi I DPR, program ini dihentikan.
 
(TRK)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif