NasDem Belum Mau Ungkap Cawapres Jokowi
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam acara peresmian pembukaan Pendidikan Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia (MUI) di gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta: Presiden Joko Widodo dijadwalkan segera mengumumkan figur yang akan mendampinginya dalam kontestasi Pilpres 2019 sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Hingga saat ini belum ada pihak yang berkenan menyebutkan nama figur yang akan dikeluarkan Jokowi dari 'sakunya'. Termasuk partai yang pertama kali mendeklarasikan Jokowi sebagai calon presiden; NasDem.

"Terpenting yang dipersembahkan Jokowi itu putra terbaik yang bisa menjadi dwitunggal, tidak 'kawin paksa'," ujar Ketua DPP NasDem Willy Aditya melalui sambungan satelit dalam Metro Siang, Rabu, 8 Agustus 2018.


Willy mengatakan perumusan nama cawapres sudah melalui berbagai proses. Mulai dari tahap perenungan, kontemplasi, bahkan diskusi hingga matang.

Tak hanya untuk Jokowi, partai koalisi petahana juga menghendaki nama cawapres nantinya mampu memikirkan aspek strategis Indonesia ke depan.

Pun ketika Jokowi bertemu dengan ulama, Willy pun tak bisa menyangkal atau mengamini bahwa calon pendamping Jokowi berasal dari kalangan religius. Pertemuan Jokowi dengan para ulama pun dianggap hal yang biasa, terlepas bagian dari proses perumusan nama calon wakil presiden.

"Jokowi memang presiden yang paling rajin bertemu ulama, tidak perlu ijtima sebagai klaim. Bahkan kalau ditelisik presiden rajin ke pesantren jadi bukan hanya kali ini saja," kata dia. 

Menurut Willy, meski pertemuan Jokowi dengan ulama bukan bagian dari proses negosiasi namun ia memastikan mantan Wali Kota Solo itu akan mendengarkan aspirasi para ulama secara lahir batin dan meneruskannya dalam kepemimpinan berikutnya.

"Kita tunggu saja kan semua partai sepakat memberikan amanah kepada Jokowi untuk menentukan. Insyaallah kalau nanti malam terang ditemani bintang akan diumumkan," jelas dia.





(MEL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id