Jokowi: Saya Seorang Demokrat
Presiden Jokowi saat Rapimnas Partai Demokrat di SICC, Bogor, Jawa Barat--Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.
Bogor: Presiden Joko Widodo mengaku bahwa dirinya memiliki ciri-ciri kriteria seorang demokrat. Hal itu ia ungkapkan dalam pidatonya di Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat. 

Jokowi menjelaskan ciri-ciri seorang demokrat adalah yang bisa menghargai pendapat orang lain. Menghormati perbedaan tanpa menjadikannya sebuah permusuhan. 

"Kurang lebih saya memiliki kriteria-kriteria itu. Artinya, saya dan Pak SBY ini beda-beda tipis banget. Kalau saya seorang Demokrat, kalau Pak SBY tambah satu, ketua Partai Demokrat. Jadi tipis sekali," kata Jokowi dalam pidatonya, saat Rapimnas Partai Demokrat di SICC, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 10 Maret 2018.


Dengan ciri-ciri seorang demokrat, Jokowi merasa heran dirinya masih kerap dicap sebagai seorang otoriter. Secara penampilan, kata Jokowi, dia tak memiliki gaya layaknya seorang otoriter.

"Saya heran saja, kenapa kok dibilang otoriter, menurut saya enggak ada potongan sama sekali pemimpin otoriter. Penampilan Saya kan juga tidak sangar, kemana-mana selalu tersenyum, makanya saya berani bilang saya bukan pemimpin otoriter saya ini seorang demokrat," tegas Jokowi.

Baca: Hadiri Rapimnas, Jokowi Akui Kalah Necis dengan SBY dan AHY
 
Sebelumnya, Jokowi resmi membuka Rapimnas Partai Demokrat di SICC, Bogor, Jawa Barat. Kehadiran Jokowi di acara Partai Demokrat adalah yang kedua kalinya, setelah sebelumnya di Kongres Partai Demokrat 2015.

Jokowi mengakui soal urusan berpakaian dirinya kalah bergaya dengan sosok SBY dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Jika mendapatkan undangan dari Partai Demokrat ke depannya, Jokowi perlu memperhatikan detail jenis pakaian yang akan dikenakannya. 
"Kalau mau bersiap-siap hadir di undangan Partai Demokrat betul betul harus merinci dengan detail, karena ada Pak SBY dan Mas AHY," ungkapnya.

Pada acara itu Jokowi sendiri mengenakan setelan jas berwarna hitam dengan paduan dasi merah. Sementara SBY mengenakan setelan jas berwarna biru warna identik Partai Demokrat. Sementara, AHY mengenakan kemeja biru. 

Baca: Presiden Joko Widodo akan Buka Rapimnas Partai Demokrat

Rapimnas Partai Demokrat digelar dua hari 10-11 Maret 2018. Acara tersebut juga dihadiri beberapa menteri dari kabinet kerja Jokowi-JK. Diantaranya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menkopolhukam Wiranto. Serta Wakil Presiden ke 11 Boediono. 

Rapimnas yang diikuti seluruh unsur DPP, DPD, DPC hingga level pengurus anak cabang (PAC) Partai Demokrat se-Indonesia itu akan membahas strategi dan upaya partai untuk pemenangan Pilkada 2018 dan Pileg serta Pilpres 2019.




(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id