Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: dok Kementerian BUMN.
Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: dok Kementerian BUMN.

Survei Indikator: Erick Thohir Jadi Calon Non-Parpol dengan Elektabilitas Tertinggi

Nasional capres survei Erick Thohir Pemilu 2024 Pilpres 2024
Husen Miftahudin • 26 April 2022 21:18
Jakarta: Erick Thohir menjadi calon nonpartai politik (parpol) yang memiliki elektabilitas tertinggi bersama Ridwan Kamil, berdasarkan Survei Indikator Politik. Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa elektabilitas Erick Thohir belum memiliki tandingan dalam klaster calon nonparpol.
 
Survei terbaru Indikator Politik menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas tertinggi, diikuti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Agus Harimurti Yudhoyono. Sedangkan Sandiaga Uno dan Erick Thohir sama-sama bersaing ketat di peringkat enam besar.
 
Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi menilai, Erick Thohir menjadi anomali dari daftar enam besar capres dengan elektabilitas tertinggi. Pasalnya Erick bukanlah berlatar partai politik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebaliknya, figur Anies Baswedan dan Ridwan Kamil meski belum menjadi anggota aktif parpol, namun memiliki rekam jejak maju sebagai gubernur dengan kendaraan parpol. Sementara Erick relatif calon yang murni nonparpol.
 
"Menariknya, nama-nama yang muncul ini (dengan elektabilitas tertinggi) adalah nama orang partai. Nama-nama nonpartai yang muncul salah satunya adalah Ridwan Kamil dan Erick Thohir," kata Burhanudin dalam keterangan persnya, Selasa, 26 April 2022.
 
Menurutnya, nama Ridwan Kamil yang muncul dengan elektabilitas tertinggi merupakan hal yang wajar karena merupakan kepala daerah provinsi besar. "Sementara Erick Thohir dengan posisi menteri memiliki elektabilitas tinggi dari kalangan nonpartai," tutur dia.
 
Erick Thohir bahkan mengungguli sejumlah nama ketua umum partai besar, seperti Airlangga Hartarto (Golkar) dan Ahmad Syaikhu (PKS). Selain itu, tren elektabilitas Erick juga menunjukkan kenaikan yang tertinggi.
 
Tren elektabilitas Erick Thohir naik 100 persen jika dibandingkan hasil survei Indikator pada awal Februari 2022. Pada hasil survei di bulan tersebut, elektabilitas Erick Thohir berada di kisaran 1,3 persen.
 
"Kini angka elektabilitas Erick Thohir telah menyentuh 2,4 persen," pungkas Burhanudin.

 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif