Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Pakar Hukum UI: UU Cipta Kerja Wujud Reformasi Regulasi

Nasional Omnibus Law UU Cipta Kerja
M Sholahadhin Azhar • 16 Oktober 2020 15:10
Jakarta: Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) dianggap menegaskan reformasi regulasi. Hal ini sesuai keinginan Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan kebijakan strategis.
 
"Banyak sekali hal strategis, bagaimana melakukan reformasi perizinan berusaha berbasis risiko, penyederhanaan perizinan berusaha, dan penyederhanaan persyaratan investasi," kata pakar hukum dari Universitas Indonesia, Ima Mayasari, saat dihubungi, Jumat, 16 Oktober 2020.
 
Menurut dia, tekad mewujudkan kebijakan strategis terlihat sejak regulasi diinisiasi. Puluhan UU dinventarisasi dan disederhanakan, terutama terkait perizinan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ima mengatakan Indonesia terbelit berbagai macam aturan perizinan yang tumpang tindih. Calon pengusaha dipastikan kesulitan jika harus merampungkan semua perizinan itu.
 
Dia mencontohkan penyederhanaan aturan melalui klaster tata ruang di UU Ciptaker. Beleid mengatur pola penyelesaian ketidaksesuaian hak atas tanah.
 
Baca:Survei: Mayoritas Warga Setuju Omnibus Law
 
"Itu kan membuka ruang penyelesaian masalah yang jadi sengkarut dan menghambat program pemerintah," kata dia.
 
Selain itu, Ima membeberkan kebijakan strategis dalam sistem permodalan dan kemudahan berusaha, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Calon pengusaha jenis itu dipastikan mendapat karpet merah mengurus izin usaha.
 
"Dipermudah karena tak berisiko tinggi. UMKM juga enggak pakai notaris, hanya mendaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM)," kata Ima.
 
Adapun terkait permodalan, Ima menyebut UU Ciptaker memberi peluang luas bagi pemodal dari dalam negeri. Dia mencontohkan saat seseorang ingin mendirikan perusahaan start up.
 
"Mereka akan dipermudah dari proses pendirian start up, dengan biaya yang sangat murah. Ini (UU Ciptaker) banyak membantu calon pengusaha," kata Ima.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif