Presiden Joko Widodo/Antara/Wahyu Putro
Presiden Joko Widodo/Antara/Wahyu Putro

Jokowi Ingin Harga Vaksin Mandiri Terjangkau

Nasional Virus Korona presiden jokowi vaksin covid-19
Insi Nantika Jelita • 26 Oktober 2020 23:40
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan skema pengadaan vaksin virus korona (covid-19). Pemerintah menyiapkan dua skema vaksinasi, yakni secara gratis dan mandiri.
 
"Saya menginginkan agar masyarakat yang mendapatkan vaksin melalui skema mandiri dapat memperolehnya dengan harga yang terjangkau," ujar Jokowi dalam akun instagramnya @jokowi, Senin, 26 Oktober 2020.
 
Skema mandiri yang dimaksud Jokowi yakni melalui pengadaan Vaksin Merah Putih. Rencananya 300 juta dosis vaksin untuk 160-185 juta orang akan diproduksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, pemerintah bergerak cepat melakukan penanganan pandemi covid-19 dengan pengadaan vaksin. Pembelian empat jenis vaksin covid-19 dari Sinovac, Cansino, G42/Sinopharm, dan Astrazeneca telah disetujui.
 
Baca:Jokowi Perintahkan Informasi Vaksin Covid-19 Mudah Dipahami Awam
 
"Dalam pemberian vaksi pemerintah juga memperhatikan aspek keselamatan kepada masyarakat luas. Rencana ini harus dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai tergesa-gesa," kata Jokowi.
 
Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan pengiriman kandidat vaksin dan pelaksanaan vaksinasi bergantung pada hasil uji klinik. Pengujian dilakukan masing-masing produsen.
 
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan mengawal hal tersebut. Efektivitas kandidat vaksin harus dipastikan sebelum digunakan di Indonesia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif