NEWSTICKER
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: MI/Adam Dwi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: MI/Adam Dwi

Ma'ruf Amin: Politik Uang Cederai Demokrasi

Nasional pilkada serentak
Sri Yanti Nainggolan • 25 Februari 2020 17:36
Jakarta: Wakil Presiden Maruf Amin berharap tak ada pelanggaran dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Ia mewanti-wanti potensi politik uang (money politic) di hajatan pesta demokrasi itu.
 
"Jangan sampai pemilu ini dicederai dengan adanya money politic, atau bahasa anak-anak, jangan ada NPWP, nomor piro wani piro (nomor urut berapa, berani bayar berapa)," ujar dia dalam acara Peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu Pilkada 2020, Selasa, 25 Februari 2020.
 
Baca:Manokwari Paling Rawan di Pilkada 2020

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ma'ruf pun menegaskan tidak adaujaran kebencian atau hoaks selama masa Pilkada 2020. Apalagi memainkan isu suku, ras dan agama (SARA) demi kepentingan kelompok tertentu.
 
"Peribahasanya hidung tidak mancung menonjolkan pipi. Karena tidak mampu bersaing secara sehat, dia mencari hal yang lain," terang dia.
 
Ma'ruf Amin: Politik Uang Cederai Demokrasi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di acara peluncuran indeks kerawanan pemilu (IKP). Foto: Medcom.id/ Sri Yanti Nainggolan.
 
Menyikapi potensi kerawanan pemilu,Maruf menyebutkan bahwa indeks kerawanan pemilu (IKP) salah satu instrumen penting dalam kesuksesan pemilu. Potensi timbulnya konflik pemilu bisa diantisipasi sejak dini.
 
Bawaslu telah memetakan dimensi-dimensi kerawanan pelaksanaan pemilu. Beberapa problematika ketidaknetralan ASN menurut Bawasluada di 167 daerah; daftar pemilih ganda di 179 daerah; pemasangan alat peraga kampanye yang tidak sesuai aturan 133 daerah; dan rendahnya partisipasi masyarakat.
 
"Indeks diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mengukur potensi kerawanan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 bagi Bawaslu maupun pihak lain yang berkepentingan," imbuh dia.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif