Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pilkada Berpotensi Membuat Petahana Tak Fokus Tangani Covid-19

Nasional Virus Korona Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 18 Mei 2020 03:41
Jakarta: Pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang rencananya digelar pada Desember 2020 dinilai dapat mengganggu fokus para petahana. Mereka akan lebih fokus mempersiapkan pertarungan pilkada ketimbang mengatasi virus korona (covid-19).
 
"Terbelah antara tugas publik dia sebagai kepala daerah atau apakah dia akan melakulan mobilisasi kampanye," ujar peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes dalam diskusi virtual, Minggu, 17 Mei 2020.
 
Kondisi akan semakin rumit ketika kepala daerah dan wakilnya kembali berkompetisi dalam pilkada dan menjadi kubu yang berbeda. Di sisi lain, kinerja pemerintah daerah dalam menangani covid-19 diyakini memengaruhi keterpilihan petahana. Masyarakat akan menjadikan kinerja petahana sebagai landasan untuk kembali memilih atau tidak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apakah petahana mampu cepat dalam penanganan covid, efektivitas dalam penanganan covid, kemudian apakah distribusi bantuan sosialnya itu baik atau tidak, merata atau tidak," tuturnya.
 
Baca: Pilkada 2020 Harus Berdamai dengan Pandemi
 
Menurut dia, petahana akan diuntungkan bila pilkada digelar dalam waktu dekat, terutama dengan adanya program bantuan dari pemerintah pusat untuk membantu warga terdampak covid-19. Dia menilai program keluarga harapan (PKH), kartu sembako, hingga kartu prakerja secara tidak langsung akan menjadi media petahana melakukan kampanye terselubung.
 
"Menjadi kurang fair bagi pendatang dan newcomer karena mereka tidak punya akses kepada sumber-sumber akses finasial tersebut," imbuhnya.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif