NEWSTICKER
Ilustrasi. Medcom.id/Roy Ratumakin
Ilustrasi. Medcom.id/Roy Ratumakin

Penerapan Social Distancing Dinilai Perlu Melibatkan TNI-Polri

Nasional Virus Korona virus corona
Anggi Tondi Martaon • 18 Maret 2020 12:04
Jakarta: Penerapan jarak sosial (social distancing) dinilai perlu melibatkan TNI dan Polri. Langkah itu dianggap lebih efektif untuk menekan penyebaran virus korona.
 
"Pengaturan social distancing sangat diperlukan mengingat dalam kondisi tertentu masyarakat bisa lupa atau bahkan abai dengan cara memperlambat penyebaran virus ini," kata anggota Komisi I DPR Charles Honoris dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020.
 
Menurut dia, pemerintah harus segera mengeksekusi pelibatan TNI dan Polri. Sehingga, masyrakat benar-benar mematuhi imbauan ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang sudah bukan saatnya sosialisasi atau sekadar mengimbau penerapan social distancing, tetapi implementasi di lapangan," ungkap dia.
 
Menurut dia, TNI dan Polri bisa disebar ke seluruh daerah. Terutama tempat umum untuk memantau kegiatan masyarakat.
 
"Untuk memastikan warga menerapkan social distancing dengan jarak minimal satu meter, TNI bersama Polri bisa secara persuasif dan humanis mengatur antrean, dan jarak warga di transportasi umum, pusat berbelanjaan, dan tempat-tempat lainnya," ujar dia.
 
Baca: Umat Islam Diminta Mematuhi Fatwa MUI Demi Cegah Korona
 
Para anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Pembinaan Masyarakat (Binmas) juga diminta memantau kegiatan yang melibatkan orang banyak di daerah. Aparat diminta membatalkan semua kegiatan yang melibatkan orang banyak.
 
"Sambil memberikan laporan terkait penyebaran covid-19 di wilayah masing-masing. Ujung tombak TNI dan Polri ini juga bisa dipakai untuk distribusi kebutuhan pokok, nantinya apabila diperlukan," ujar dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif