Presiden Joko Widodo. Antara/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo. Antara/Sigid Kurniawan

Hasil PSBB Dievaluasi

Nasional Virus Korona PSBB
Nur Azizah • 12 Mei 2020 10:26
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengevaluasi kenaikan kasus di provinsi yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan daerah yang hanya menerapkan protokol jaga jarak (physical distancing). Jokowi ingin membandingkan tren penyebaran di sepuluh provinsi dengan kasus temuan kasus covid-19 terbanyak.
 
"Tiga provinsi yang berstatus PSBB, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Barat. Tujuh provinsi lain masih non-PSBB. Karena itu kita juga evaluasi baik provinsi, kabupaten, dan kota yang tidak memberlakukan PSBB tapi menjalankan kebijakan physical distancing," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Mei 2020.
 
Baca: Relaksasi PSBB Perlu Dibarengi Tes PCR Massal

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi menyebut banyak inovasi baru terkait pengendalian covid-19. Namun, Jokowi masih mencari kebijakan dan model yang paling tepat untuk menekan penyebaran virus.
 
"Karena memang ada inovasi-inovasi di lapangan dengan menerapkan model kebijakan pembatasan kegiatan di masyarakat disesuaikan konteks daerah masing-masing," ujarnya.
 
Ada 72 kabupaten dan kota yang telah melaksanakan PSBB. Daerah di provinsi lainnya memakai cara berbeda untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.
 
Presiden ke-7 Indonesia ini menyebut tren kasus covid-19 di tiap wilayah berbeda. Ada daerah yang kasus mengalami penurunan secara gradual, konsisten tapi tidak drastis, ada juga daerah yang kasusnya turun tapi belum konsisten.
 
"Ada juga daerah yang penambahan kasusnya tidak mengalami perubahan seperti sebelum PSBB. Hal-hal seperti ini perlu digarisbawahi, ada apa, dan kenapa," ujarnya
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini: https://www.medcom.id/corona
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif