Wakil Presiden Ma'ruf Amin. MI/Adam Dwi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. MI/Adam Dwi

Wapres: Keamanan Masyarakat Prioritas Utama Fintech

Nasional ekonomi syariah Ekonomi Digital Fintech maruf amin
Emir Chairullah • 25 November 2020 14:13
Jakarta: Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan pentingnya keamanan penggunaan teknologi keuangan atau financial technology (fintech). Keamanan masyarakat pengguna fintech harus menjadi prioritas utama.
 
“Karena itu, pelaku fintech juga harus memperkuat tata kelola penyelenggaraan layanan. Aspek keamanan teknologi perlu terus disempurnakan,” tegas Ma'ruf saat menutup Pekan Indonesia Fintech Summit 2020 dan Pekan Fintech Nasional 2020 secara daring, Rabu, 25 November 2020.
 
Pelaku fintech tak boleh berhenti mengedukasi warga seputar pemanfaatan layanan secara bijaksana dan rasional. Lebih lanjut Ma’ruf menyebutkan peran regulator, seperti Bank Indonesia dan Otoritas Jasa keuangan (OJK), sangat menentukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua lembaga tersebut harus menjamin perlindungan terhadap masyarakat. Di samping regulasi yang memadai, BI dan OJK harus bisa memastikan penyelenggaraan layanan teknologi keuangan baik, adaptif, dan proaktif terhadap perkembangan teknologi.
 
“Regulasi harus mampu menjadi katalisator terhadap berkembangnya teknologi dan tidak seharusnya menjadi penghambat perkembangannya,” ujar dia.
 
Baca: Fintech Punya Potensi Besar Terus Tumbuh di 2021
 
Ma’ruf mengatakan pengembangan fintech di Indonesia relatif baik. Dalam empat tahun terakhir, terdapat 500 penyelenggara fintech dalam berbagai bentuk dan layanan. Jauh lebih banyak ketimbang pada 2016 yang hanya memiliki 24 penyelenggara fintech terdaftar.
 
“Selain itu, dari sisi model bisnis dan solusi teknologi keuangan, juga terdapat banyak variasi,” ujarnya.
 
Dia berharap regulasi fintech juga dapat diaplikasikan pada transaksi berbasis syariah. Dengan potensi yang besar, fintech syariah dapat berpotensi mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah. Terutama visi keuangan syariah menjadi pilar perekonomian nasional.
 
“Saya gembira karena hal ini telah direspons dengan baik oleh para pelaku fintech. Berbagai layanan fintech syariah juga telah tersedia. Baik itu pembayaran, pinjaman, maupun investasi yang berbasis syariah," beber Ma'ruf.
 
Ma’ruf optimitis pengembangan fintech bakal berguna untuk perekonomian nasional. Baik saat ini, maupun pascapandemi.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif