Sesjen MPR Ma`ruf Cahyono (Foto:Dok.MPR)
Sesjen MPR Ma`ruf Cahyono (Foto:Dok.MPR)

Pertunjukan Wayang Kulit Efektif untuk Sosialisasi Empat Pilar MPR

Nasional berita mpr
Pelangi Karismakristi • 23 Mei 2016 13:19
medcom.id, Semarang: Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode pertunjukan wayang kulit dianggap efektif untuk memasyarakatkan nilai kebangsaan.
 
MPR RI bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Semarang menggelar Sosialisasi Empat Pilar melalui pagelaran seni budaya wayang kulit dengan lakon "Manunggaling Mustikaning Jagad" di bawah arahan dalang Ki Sigit Ariyanto, di Kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Semarang, Jawa Tengah, Minggu (23/5/2016) malam.
 
Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono mengimbau kepada masyarakat Semarang untuk tidak hanya sekadar menjadikan wayang sebagai tontonan semata. Melainkan bisa mengimplementasikan makna yang tersirat dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya harap pesan yang ada dalam pertunjukan wayang bisa sampai ke lapisan masyarakat. Baik di kampung maupun di kota besar dan bisa membumi," ujar Ma'ruf Cahyono, pada saat memberikan pidato dalam pagelaran wayang kulit di halaman Relokasi Pedagang Pasar Johar, Kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Semarang.
 
Ma'ruf menjelaskan bahwa dalam menyosialisasikan Empat Pilar, MPR tidak hanya menyelenggarakan melalui budaya wayang saja, tapi juga beberapa metode lain.
 
"Dengan seni budaya yang disesuaikan dengan daerah setempat," ujar Ma'ruf.
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua Badan Pengkajian MPR Bambang Sadono mengatakan bahwa pagelaran wayang di Semarang merupakan momen yang tepat.
 
Sebab, acara ini sengaja dilaksanakan di halaman Relokasi Pasar Johar, pasar terbesar di Jawa Tengah dan bertepatan dengan musibah kebakaran pasar ini pada 9 Mei 2015.
 
"Maka MPR berharap melalui seni budaya wayang dapat menghibur dan mendengar langsung keluhan para pedagang yang mengalami musibah tahun lalu itu. Sekaligus menyampaikan makna yang terkandung dalam Empat Pilar MPR RI," kata Bambang.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif