Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.

Jokowi Beberkan Lima Kompetensi Wajib Lulusan Perguruan Tinggi, Apa Saja?

Nasional Jokowi prestasi mahasiswa presiden joko widodo Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Nur Azizah • 15 Juni 2021 15:41
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap lulusan perguruan tinggi memiliki lima kompetensi. Pertama, lulusan perguruan tinggi harus memiliki dedikasi memajukan bangsa, kemanusiaan, dan toleransi dalam Kebhinekaan.
 
"Itu watak yang tidak boleh ditawar," kata Jokowi dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Jakarta, Selasa, 15 Juni 2021.
 
Kedua, lulusan perguruan tinggi harus memiliki karakter dan skill pembelajar yang kuat. Mereka diharapkan memiliki hal yang baru dan selalu aktif. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena hal ini sangat penting. Di masa depan itu akan penuh dengan disrupsi, akan penuh dengan perubahan yang besar," ucap Jokowi. 
 
Ketiga, lulusan perguruan tinggi bukan hanya mempunyai kemampuan akademik, tetapi juga memiliki inovasi. Kemampuan itu mampu menjadi solusi masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat.
 
Baca: Jokowi Sebut Karakter yang Harus Dimiliki Lulusan Perguruan Tinggi
 
"Karyanya bukan hanya karya ilmiah, tetapi juga karya yang memecahkan masalah sosial melalui pemanfaatan teknologi, melalui Inovasi, dan juga kewirausahaan," kata Jokowi. 
 
Keempat, lulusan perguruan tinggi harus menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) terbaru. Jokowi mendorong universitas melibatkan industri dalam pendidikan di kampus untuk mencapai kompetensi tersebut.
 
"Ini sangat penting, juga kerjasama antar kampus untuk mempercepat proses pengembangan dan penguasaan IPTEK terbaru," ujar dia. 
 
Kelima, lulusan perguruan tinggi diharapkan tidak hanya siap mengisi lapangan kerja, tetapi mampu menciptakan lapangan kerja. Jokowi menyebut hal itu bisa dicapai melalui pendidikan kewirausahaan. 
 
"Penting juga interaksi yang intensif dengan dunia industri menjadi kunci yang penting bagi karya-karya inovatif bagi lulusan kita," papar Jokowi. 
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif