Mantan Komisioner KPU RI Ferry Kurnia Rizkiansyah. Foto: Medcom/Zakaria
Mantan Komisioner KPU RI Ferry Kurnia Rizkiansyah. Foto: Medcom/Zakaria

Eks Komisioner KPU: PAW Tidak Perlu Direkayasa

Nasional pdip
Zakaria Habib • 12 Januari 2020 01:30
Jakarta: Mantan Komisioner KPU RI Ferry Kurnia Rizkiansyah prihatin pada komisioner KPU RI Wawan Setiawan atas kasus suappergantian antarwaktu (PAW)anggota DPR dari PDIP. Kejadian ini harus menjadi pelajaran bagi penyelenggara pemilu dan partai politik untuk tidak merekayasa mekanisme PAW.
 
"KPU sangat memahami mekanisme pergantian antarwaktu. Bahkan ketika terjadi problem dalam konteks pergantiannya pasti akan diminta klarifikasi terkait dengan aktivitas tersebut kepada lembaga-lembaga yang berkompeten, atau kepada partai politiknya langsung. Tidak perlu ada rekayasa," kata Ferry di Jakarta, Sabtu, 11 Januari 2020.
 
Menurut Ferry partai politik mestinya memahami bahwa sistem pemilu proporsional terbuka menekankan penghormatan pada pilihan rakyat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena pilihan rakyat menjadi sangat penting maka di situ ada proporsi urutan suara terbanyaknya dan itu harus dihargai oleh partai politik," kata dia.
 
Menurut Ferry hal tersebut perlu dilakukan sebab urusan partai politik sudah selesai pada waktu proses rekrutmen sebelum pemilihan.
 
"Sehingga mestinya tidak ada lagi partai-partai atau calon anggota legislatif yang tidak loyal pada partainya atau calon legislatif yang tidak berkontribusi terhadap partainya, sebab partai sudah menerapkan dalam daerah pemilihannya," kata dia.
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif