Presiden Joko Widodo bersama keluarga berjalan di kawasan Istana Bogor. Foto: Setpres.
Presiden Joko Widodo bersama keluarga berjalan di kawasan Istana Bogor. Foto: Setpres.

Jokowi Ogah Kampanyekan Gibran dan Bobby

Nasional pilkada serentak
Damar Iradat • 17 Januari 2020 17:46
Jakarta: Presiden Joko Widodo menegaskan tak akan ikut mengampanyekan putranya, Gibran Rakabuming Raka dalam Pilkada Kota Solo 2020. Jokowi berkelakar kalau tugasnya sebagai presiden sudah cukup menyita waktu.
 
"Enggak (ikut kampanye Gibran), kerjaan banyak," kata Jokowi saat berdialog dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, 17 Januari 2020.
 
Jokowi juga menepis angggapan tengah membangun dinasti politik. Menurut dia, pencalonan Gibran di Pilkada Kota Solo 2020 dan menantunya Bobby Nasution di Pilkada Kota Medan merupakan hak masing-masing sebagai warga negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lagipula, kata Jokowi, Gibran dan Bobby belum tentu terpilih. Pasalnya, Pilkada merupakan kontestasi politik lewat pemilihan langsung oleh rakyat.
 
"Yang menentukan rakyat, semua memiliki hak untuk memilih dan dipilih," ujarnya singkat.
 
Jokowi juga mengatakan Gibran dan Bobby belum tentu bisa maju dalam Pilkada. Pasalnya, keduanya sampai saat ini masih mencari kendaraan politik untuk maju Pilkada.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun memastikan tidak akan membantu Gibran dan Bobby mencari kendaraan politik. Tapi, Jokowi juga tak yakin keduanya maju lewat jalur independen.
 
"Independen bisa saja, tapi bekerja (sebagai kepala daerah) apapun approval DPRD, yang itu ada fraksi-fraksi dari partai," tandasnya.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif