Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) tengah berbincang dengan Presiden Joko Widodo (kiri) sebelum rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta. Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) tengah berbincang dengan Presiden Joko Widodo (kiri) sebelum rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta. Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara

Keberanian Jokowi Mengambil Keputusan Tak Diragukan

Nasional jusuf kalla
Achmad Zulfikar Fazli • 23 Juli 2019 13:38
Jakarta: Lima tahun menjadi wakil Joko Widodo di pemerintahan membuat Jusuf Kalla (JK) mengetahui tindak tanduk koleganya itu. Dia tak heran dengan pernyataan Jokowi yang merasa tak lagi mempunyai beban politik untuk mengambil keputusan gila.
 
"Saya yakin Pak Jokowi berani (mengambil keputusan)," kata JK saat berbincang dengan Medcom.id di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat, 19 Juli 2019.
 
Sikap berani Jokowi itu, kata dia, sudah ditunjukkan sejak awal memimpin. Saat itu, Jokowi berani memutuskan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 17 November 2019, Jokowi memangkas subsidi bidang energi. Hal itu membuat harga BBM subsidi naik, seperti premium Rp6.500 menjadi Rp8.500, dan solar dari Rp5.500 menjadi Rp7.500.
 
Menaikkan harga BBM itu juga untuk mengalihkan subsidi dari hal konsumtif menjadi produktif. Pasalnya, pada periode pertama, Jokowi gencar membangun infrastruktur di sejumlah pelosok Tanah Air.
 
Jokowi sebelumnya mengaku tak akan ragu mengambil keputusan di periode kedua pemerintahan. Apalagi, pasangan Ma'ruf Amin itu tak memiliki beban politik di periode berikutnya.
 
"Keputusan yang gila, yang miring-miring, yang itu penting untuk negara ini akan kita kerjakan. Karena saya sudah tidak memiliki beban apa-apa," kata Jokowi saat menghadiri halalbihalal bersama dengan Aktivis Nasional 98 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu, 16 Juni 2019.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif