Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (tengah). Istimewa.
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (tengah). Istimewa.

Pengesahan RUU TPKS sebagai Inisiatif DPR Segera Disampaikan ke Presiden

Nasional Jokowi Antikekerasan Seksual DPR RI RUU PKS kekerasan seksual RUU TPKS
Anggi Tondi Martaon • 18 Januari 2022 10:54
Jakarta: Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) bakal disahkan sebagai usul inisiatif DPR dalam Rapat Paripurna. Hasil Rapat Paripurna segera dikirim ke pemerintah.
 
"Iya kita langsung kirim surat ke Presiden (Joko Widodo)," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Januari 2022.
 
Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu berharap pemerintah segera mengirimkan surat presiden (surpres) dan daftar inventaris masalah (DIM). Setelah itu, DPR bakal menentukan alat kelengkapan dewan (AKD) yang akan membahas RUU TPKS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyampaikan ada beberapa pertimbangan menentukan AKD yang bakal membahas RUU TPKS. Salah satunya, efesiensi pembahasan.
 
"Kita harapkan karena kebutuhan yang mendesak, pembahasan-pembahasan ini bisa dilakukan dengan efisien namun terukur, sehingga bisa diselesaikan dengan waktu yang tidak terlalu lama," kata dia.
 
Baca: DPR Agendakan Rapat Paripurna Bahas Nasib RUU TPKS dan IKN
 
Selain itu, dia menyampaikan DPR bakal melakukan sejumlah kegiatan sembari menunggu DIM dan surpres RUU TPKS. Salah satunya, melakukan diskusi dengan berbagai pihak.
 
"Kami akan melakukan FGD (focus group discussion) untuk kepentingan menampung aspirasi masyarakat dan kemudian setelahnya kita baru masuk ke pembahasan," ujar dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif