Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Kementerian BUMN

Sinergi Erick Thohir Dinilai Bisa Jadi Role Model Kementerian Lain

Nasional Garuda Indonesia Kementerian BUMN Erick Thohir DPR RI
Nia Deviyana • 27 April 2022 18:38
Jakarta: Dukungan yang diberikan oleh Panitia Kerja (Panja) Komisi VI DPR dalam menyelamatkan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menunjukkan sinergi dan kolaborasi menjadi strategi Menteri BUMN Erick Thohir. Langkah tersebut dinilai bisa menjadi role model bagi kementerian lainnya.
 
“Perbaikan Garuda, yang dilakukan antara Erick Thohir dengan Komisi VI DPR adalah suatu hal yang baik, suatu kemajuan. Yang memberikan semacam role model kerja sama antara DPR dengan kementerian dan perlu ditiru oleh kementerian serta komisi lainnya,” ujar Pengamat Politik Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing, melalui keterangan tertulis, Rabu, 27 April 2022.
 
Baca: Menteri BUMN Diminta Paripurna Sehatkan Garuda

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam momentum tersebut, kedua belah pihak setuju melakukan kesepakatan bersama di mana Erick Thohir menjalankan beberapa rekomendasi dari Panja Komisi VI. Seperti business plan, optimalisasi rute, jumlah dan tipe pesawat, implementasi penurunan lease rate, peningkatan kargo, hingga pendapatan lainnya agar maskapai pelat merah itu menjadi perusahaan yang sehat dan tumbuh secara berkelanjutan.
 
Emrus yakin langkah tersebut bisa segera menyelesaikan krisis di tubuh Garuda Indonesia. Menurut dia, penyelamatan Garuda Indonesia sama dengan menyelamatkan kehormatan dan harga diri bangsa.
 
“Ini suatu contoh yang baik, ada kolaborasi dalam rangka perbaikan Garuda. Karena bagaimanapun Garuda adalah merah putih, dan wajah Indonesia,” kata Emrus.
 
Sebelumnya, Erick Thohir juga menginstruksikan penyelamatan Garuda seperti restrukturisasi besar-besaran, transparansi, melaporkan kasus dugaan korupsi, membatasi rute penerbangan yang tak menguntungkan, hingga melakukan negoisasi ulang dengan para lessor pesawat.
 
Emrus mengapresiasi beragam langkah yang telah dilakukan oleh Erick Thohir bersama jajarannya di Kementerian BUMN. Langkah tersebut telah memberikan harapan bagi Garuda Indonesia yang mendapat dukungan dari Panja Komisi VI DPR.
 
“Langkah Erick Thohir menyelamatkan Garuda adalah menyelamatkan harga diri dan kehormatan bangsa. Karena Garuda dan bandara adalah pintu masuk yang membawa warga negara-negara lain ke Indonesia,” jelas Emrus.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif