Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Medcom.id/Anggi Tondi Martaon
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Medcom.id/Anggi Tondi Martaon

Simulasi Head to Head, Elektabilitas Prabowo Tembus 50%

Nasional capres Prabowo Subianto survei Pemilu 2024 Pilpres 2024
Achmad Zulfikar Fazli • 27 April 2022 14:44
Jakarta: Indikator Publik Indonesia (IPN) merilis hasil survei calon presiden (capres) yang diprediksi bertarung di Pilpres 2024. Elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus menguat.
 
Saat dilakukan simulasi head to head terhadap beberapa capres, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketua DPR Puan Maharani, elektabilitas Prabowo berada di atas 50 persen. Bahkan, tingkat keterpilihan Prabowo jauh lebih tinggi jika bertarung dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.
 
"Sementara capres lainnya hanya berada di bawah 50 persen saja," ujar peneliti senior IPN Ike Sihotang dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 27 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Survei ini juga membuat simulasi secara berpasangan dengan tiga pasangan bersaing bila pilpres dilaksanakan hari ini. Hasilnya, pasangan Prabowo-Ganjar memiliki elektabilitas di atas 50 persen. Ganjar paling dapat mendongkrak elektabilitas Prabowo daripada calon wakil presiden lain dan kemungkinan pilpres akan berjalan satu putaran bila keduanya berpasangan.
 
"Pasangan Prabowo-Puan dan Prabowo-Anies meskipun menang tetapi hanya dapat memperoleh angka elektabilitas di bawah 50 persen," ucap dia.
 
Pasangan Ganjar-Anies dinilai mampu mengalahkan Prabowo jika berpasangan dengan AHY untuk memaksakan kompetisi pada putaran kedua.
 
Baca: Survei Indikator: Erick Thohir Jadi Calon Non-Parpol dengan Elektabilitas Tertinggi
 
Survei ini dilakukan di 34 provinsi di Indonesia pada 17-27 Maret 2022. Sampel yang diambil sebesar 1.200 responden dengan teknik multistage random sampling. Margin of error +/- 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif