Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: MI/Immanuel Antonius
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: MI/Immanuel Antonius

Apresiasi JK untuk Ensiklopedia Pemikiran Yusril

Nasional peluncuran buku
M Rodhi Aulia • 06 Februari 2016 16:10
medcom.id, Jakarta: Tokoh Nasional Yusril Ihza Mahendra meluncurkan ensiklopedia pemikiran yang merupakan rangkuman 25 tahun perjalanan karirnya. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi peluncuran ensiklopedia tersebut.
 
"Pemikiran harus di-share dan diwarisi pada generasi selanjutnya," kata JK dalam sambutannya di acara Syukuran dan Peluncuran Ensiklopedi Pemikiran Yusril Ihza Mahendra, di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (6/2/2016).
 
Menurut JK, Yusril adalah sosok yang komplit. Ketua Umum Partai Bulan Bintang itu, tidak hanya pakar tata negara, tapi juga ahli di bidang birokrasi, dan terampil dalam dakwah Islam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Baju boleh koboi. Tapi, kalau ke Makassar dia jadi khatib. Jangan lihat baju dan sepatunya. Kasih sorban langsung berubah," ujar JK menilai penampilan Yusril berjas lengkap namun bersepatu ala koboi.
 
Dalam kesempatan perayaan ulang tahun ke-60 Yusril ini, JK lebih banyak bernostalgia. Ia mengenang masa-masa saat sama-sama menjadi menteri di kabinet Presiden RI Abdurahman Wahid atau Gus Dur.
 
JK mengungkapkan dirinya bersama Yusril sama-sama lengser sebelum genap lima tahun masa jabatan. Pernyataan itu disambut gelak tawa para hadirin.
 
JK juga mengenang masa-masa Yusril saat menjabat Menteri Sekretaris Negara pada era Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). JK, yang saat itu menjabat Wakil Presiden, memuji kepiawaian dan ketekunan Yusril menjalankan fungsi.
 
"Setiap hari dia bawa map dan pulang sering larut malam," ucap dia.
 
"Pulang larut malam, padahal kantornya kosong. Kemana dia?," guyon JK yang mengundang gelak-tawa hadirin.
 
JK merasa berutang budi kepada Yusril yang membawa Partai Bulan Bintang sebagai partai pengusung saat maju bersama SBY.
 
"Beliau termasuk (sosok yang) komplit. Saya ucapkan selamat ulang tahun ke-60 buat saudara Yusril. Dan semoga ensiklopedi ini bisa jadi khazanah dan pelajaran," beber dia.
 

(KRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif