MI/Bagus Suryo
MI/Bagus Suryo

Presiden Belum Terima Surat KPK Soal Bansos

Nasional pemerintah
Akhmad Mustain • 27 Maret 2014 16:41
medcom.id, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono belum menerima surat dari komisi pemberantasan koruspsi terkait dengan penyaluran dana bantuan sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Menurut Julian, jika surat tersebut diterima Presiden, akan langsung dipelajari dan secepatnya disikapi.
 
"Sampai saat ini kami belum menerima. Mungkin masih proses di Kementerian Sekretaris Negara," ujar Julian singkat, Kamis (27/3/2014). Ia menyampaikan, jika surat tersebut sudah diterima Presiden, pasti akan langsung dikaji, dan secepatnya disikapi.
 
Dua hari lalu, KPK mengirimkan surat ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait penggunaan pengelolaan dana bantuan sosial. Berdasarkan kajian KPK, dana bansos kini tersebar di beberapa kementerian, bukan hanya di Kementerian Sosial (Kemsos) saja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut KPK, sebaiknya yang memiliki kewenangan untuk mengelola dana bansos itu adalah Kemensos. Salah satu permasalahan terkait dana bansos yakni banyaknya penyimpangan dana bansos yang cukup signifikan. Apalagi, dalam nota keuangan, dana bansos sebesar Rp55,86 triliun. Namun, ada perubahan akhir dalam keputusan presiden, alokasinya menjadi Rp91,8 triliun. Padahal, realisasi bansos pada Februari lalu baru mencapai Rp7,4 triliun.
 
Surat yang dikirimkan KPK terkait dana bansos itu juga ditembuskan ke ketua DPR dan ketua BPK. Januari lalu, KPK juga sudah berkirim surat kepada para gubernur di seluruh Indonesia karena pos dana bansos berada di daerah tingkat satu.
 

(JCO)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif