Hanura Diberi Waktu Perbaikan Berkas Bacaleg hingga Besok

Arga sumantri 09 Agustus 2018 16:57 WIB
pemilu serentak 2019
Hanura Diberi Waktu Perbaikan Berkas Bacaleg hingga Besok
Komisioner KPU Ilham Saputra/Medcom.id/Achmad Zulfikar Faz;li
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan memberikan waktu kepada Partai Hanura memperbaiki berkas bakal calon anggota legislatif. Kesepakatan itu didapat usai mediasi permohonan sengketa pencalonan bacaleg yang diajukan Hanura di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Kita sudah sepakat, jadi besok teman-teman Hanura harus menyampaikan atau memberikan berkas yang kemarin kita tolak," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Agustus 2018.

Menurut Ilham, Hanura diberi tenggat hingga pukul 20.00 WIB, Jumat, 10 Agustus 2018. Semua berkar bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) wajib diperbaiki bila ingin kadernya mulus melenggang sebagai legislator.


"Kemudian setelah itu tidak ada lagi perbaikan," tegas dia.

Baca: Perbaikan Berkas Bacaleg Hanura tak Memenuhi Syarat

KPU memiliki waktu satu hari untuk memverifikasi hasil perbaikan berkas. Satu hari kemudian, KPU bakal menyinkronkan dengan penghubung (LO) Hanura. KPU bakal mengebut proses agar penetapan daftar calon legislatif sementara (DCS) tepat waktu.

"Kami berharap DCS Hanura juga bisa disampaikan bersama partai lain," ujarnya.

Ilham menegaskan Hanura hanya dalam porsi memperbaiki berkas bacaleg yang ditolak. Hanura tidak bisa menambah daftar bacaleg.

"Pendaftaran (caleg) Hanura itu 549 caleg. Itu saja. Tidak ada lagi penambahan memaksimalkan 575 caleg," ujar Ilham.

Baca: Ratusan Bacaleg Hanura tak Lolos Verifikasi

Mediasi KPU-Hanura dihadiri langsung Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO). OSO berterima kasih partainya telah diberi kesempatan memperbaiki berkas bacaleg.

"KPU telah memberikan kesempatan kita untuk melaksanakan kekurangan-kekurangan kewajiban yang harus diselesaikan dalam beberapa waktu," kata OSO.

Menurut OSO, masalah yang terjadi hanya soal teknis. Dia pun menjanjikan partainya segera menyerahkan berkas perbaikan bacaleg sesuai aturan.

"Karena itu merupakan satu persyaratan, harus kita patuhi. Apa yang diperintahkan, kita laksanakan," ucap Ketua DPD RI itu.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id