NasDem Coret Dua Caleg Rejang Lebong
NasDem. Iustrasi: Medcom.id/Rakhmat Riyandi.
Jakarta: Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya menyebut partainya telah mencoret dua caleg mantan koruptor dari daftar caleg sementara (DCS). Dua caleg tersebut terdaftar sebagai DCS di DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

"Kita di NasDem sangat berkomitmen dengan perbaikan proses politik dari hulu. Hal ini kita lakukan sudah sesuai dengan semangat gerakan perubahan yang menjadi ciri dari politik NasDem," kata Willy dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id, Selasa, 18 September 2018. 

Menurut dia, proses pencoretan sudah dilakukan sesuai mekanisme internal partai yang berlaku. NasDem tak akan memberikan tempat bagi para eks koruptor. 


"Keputusan ini diambil berdasarkan komitmen dan aspirasi masyarakat akan perlunya politik diisi oleh orang-orang bersih dan berintegritas," ujar dia.

Sekretaris Jendeal NasDem Johnny G Plate menegaskan seluruh caleg NasDem saat ini tidak ada yang bekas narapidana korupsi. Caleg NasDem juga dipastikan tidak diisi bekas narapidana narkoba dan kejahatan seksual terhadap anak. 

Baca: Formappi: MA Mati Rasa

"Calonnya NasDem yang kami tampilkan semuanya terbebas dari itu, kalau masih ada kami pecat," tegas Johnny di Posko Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat.

Khusus kasus di Rejang Lebong, kata Johnny, NasDem tegas memberhentikan dan tidak menggantinya. Pasalnya, aturan yang ada belum mengakomodasi adanya penggantian bakal caleg. 

"Sampai saat ini kami membatalkan pencalegan dengan konsekuensi tidak memiliki penggantinya. Kecuali KPU (Komisi Pemilihan Umum) buka peluang (membolehkan mengganti)," ucap Johnny.



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id