Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate/MI/Rommy Pujianto
Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate/MI/Rommy Pujianto

NasDem Berharap Jokowi tak Melawan Kotak Kosong

Nasional pilpres
Whisnu Mardiansyah • 09 Maret 2018 11:51
Jakarta: Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G. Plate tak berharap Pilpres 2019 hanya diikuti calon tunggal. Saat ini, belum ada satu pun pesaing Joko Widodo yang memiliki suara mencukupi ambang batas 20 persen suara sah nasional dan parlemen.
 
"Kita berharap ada kontestasi pilpres, Pak Jokowi jangan lawan kotak kosong," kata Plate di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 9 Maret 2018.
 
Bila dikalkulasi, jumlah kursi Parlemen memungkinkan adanya empat pasangan calon. Namun, realitanya, Pilpres 2019 kemungkinan diikuti dua pasangan calon karena lima dari sepuluh parpol sudah menyatakan dukungan kepada Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Secara teori poros tiga mungkin, secara realitas politik, Nasdem melihat akan dua paket. Dan kami tidak berharap satu paket," ujar Plate.
 
Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menyebut upaya memunculkan Jokowi sebagai calon tunggal dalam Pilpres 2019 dinilai sebagai blunder. Jokowi akan kalah jika melawan kotak kosong.
 
"Jokowi akan selalu menang kalau melawan tokoh lain, seperti Prabowo dan Anies Baswedan. Namun, begitu ditanya pilpres hari ini siapa yang Anda pilih? Jokowi atau selain Jokowi, maka Jokowi akan kalah dengan kotak kosong," ungkap Hendri dalam diskusi bertajuk Jokowi, Pilpres, dan Kita di Warung Daun, Jakarta, Sabtu, 3 Maret 2018.
 
Hal itu harus disikapi koalisi pendukung Jokowi di Pilpres 2019 mendatang. Calon tunggal belum menjamin mengantarkan Jokowi kembali ke istana.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif