Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Gusti Ayu Bintang Darmavati. MI/Ramdani.
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Gusti Ayu Bintang Darmavati. MI/Ramdani.

Kementerian PPA Dorong Pemberdayaan Perempuan Lewat Wirausaha

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Indriyani Astuti • 25 Oktober 2019 08:26
Jakarta: Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Gusti Ayu Bintang Darmavati mendapatkan sejumlah tugas dari Presiden Joko Widodo. Presiden meminta Bintang menyelesaikan masalah pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan, peran ibu dalam pengasuhan anak, kekerasan terhadap perempuan, pekerja anak, dan pernikahan dini.
 
Bintang akan langsung menjalankan perintah itu. Ia akan berkoordinasi dengan sejumlah kementerian terkait, terutama Kementerian Desa.
 
"KPPPA adalah kementerian kategori tiga, jadi tugasnya hanya koordinasi. Kami sudah bicarakan dengan Kementerian Desa agar bisa bersinergi untuk mempercepat arahan Bapak Presiden, pemberdayaan perempuan menggunakan dana desa," kata Bintang usai acara serah terima jabatan menteri PPPA di Kementerian PPPA, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bintang menilai dana desa bisa dimanfaatkan para ibu untuk memulai usaha. Ia berharap dana pemberdayaan perempuan telah disisihkan dalam Rencana Anggaran dan Penerimaan Desa. Ia juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri. Karena penggerak PKK juga dapat digunakan dalam memberdayakan perempuan di tingkat desa.
 
"Usahanya di bidang apa nanti tergantung potensi daerah kita akan menyesuaikan dan mengembangkannya," tutur Bintang.
 
Bintang paham, KPPPA tak bisa bekerja sendiri. Kerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Bencana (BKKBN) akan ditingkatkan untuk menguatkan peran ibu dalam pendidikan anak. KPPA juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak.
 
"Gerak cepat yang harus dilakukan kalau kementerian ini tidak bisa eksekusi, kita bisa lakukan koordinasi dengan lintas kementerian sesuai visi-misi presiden," ucapnya.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif