Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera - MI/Atet Dwi P.
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera - MI/Atet Dwi P.

Kabinet Jokowi Harus Fokus ke Ekonomi

Nasional kabinet jokowi
M Sholahadhin Azhar • 02 Juli 2019 17:41
Jakarta: Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera memberikan saran kepada Presiden terpilih Joko Widodo dalam membentuk kabinet. Mardani meminta susunan pembantu Presiden menjadi solusi menjawab permasalahan ekonomi.
 
"Tingkatan serapan tenaga kerja kita rendah. Kemampuan ekspor kita rendah. Investasi kita rendah. Pak Jokowi berkali-kali teriak, gimana sih enggak selesai-selesai?" ujar Mardani di Kompleks Parlemen, Selasa, 2 Juli 2019.
 
Menurut dia, Jokowi perlu memilih orang-orang yang tepat di bidang ekonomi. Mengingat untuk mengurus bidang ini, perlu orkestrasi kabinet yang mumpuni.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mardani juga melihat jabatan-jabatan di kabinet tak perlu banyak bongkar pasang. Ia menyebut pihak-pihak yang selama ini ditunjuk sudah cukup mumpuni.
 
Jika ingin merombak, Jokowi disarankan mengambil orang yang profesional. Mereka bisa dari dalam atau luar partai politik.
 
"Di dalam parpol juga baik, saya tidak mengatakan parpol itu kumpulan para mafia, tidak. Tapi ada orang-orang baik, monggo," kata dia.
 
Saran Mardani lainnya agar Jokowi konsisten atas ucapannya, yakni menggandeng anak muda. Presiden terpilih juga diminta memberi kesempatan bagi perempuan dan kaum difabel di kabinet.
 
Terakhir, potensi tokoh daerah juga perlu dilirik Jokowi. Misalnya figur terkemuka dan punya kapabilitas dari Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan.
 
"Mereka punya hak karena kita sedang saat suasana yang dinamis saat keterwakilan itu ada. Tentu dengan tidak menghilangkan asas integritas dan kapasitasnya," kata Mardani
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif