Kepala Staf Presiden Moeldoko. Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Kepala Staf Presiden Moeldoko. Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang

Moeldoko Usulkan Integrasi Pangkalan Militer di Ibu Kota Baru

Nasional pemindahan ibukota
Suci Sedya Utami • 27 Juni 2019 08:30
Jakarta: Kepala Staf Presiden Moeldoko menyarankan pada Presiden Joko Widodo terkait wacana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan. Moeldoko mengusulkan untuk mengintegrasikan kekuatan militer di ibu kota baru.
 
Dalam dialog bertajuk pemindahan ibu kota, Moeldoko mengatakan perihal penggabungan tiga pangkalan militer yakni angkatan udara, angkatan laut dan angkatan darat di Kalimantan agar menjadi pertimbangan. Menurut Moeldoko, penggabungan tiga pangkalan militer tersebut diharapkan akan menciptakan visi kekuatan dan disegani dunia luar.
 
"Itu kan impian, ada unsur laut, unsur udara dan darat dalam satu kawawan. Saya pikir ini prestise, sebuah negara yang menunjukkan kepada dunia luar atas kekuatan yang dimiliki ," kata Moeldoko di kantor Bappenas, Menteng, Jakarta Pusa, Rabu, 26 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Panglima TNI ini mengatakan saat ini pangkalan militer Indonesia masih terpisah di beberapa kawasan dengan jarak yang tidak berdekatan.
Dirinya pun telah memita Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) yang tengah mengkaji lokasi ibu kota baru agar melihat wilayah yang berdekatan dengan laut yang kiranya representatif bagi markas penyatuan kekuatan ini.
 
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bappenas atau Menteri PPN Bambang Brodjonegoro pun merespon usulan Moeldoko. Bambang pun menegaskan ibu kota baru nantinya tidak akan terlalu jauh dari laut.
 
"Kita lihat dimana pelabuhan terdekat, pangkalan udaranya dibangun karena belum ada, dan kita harapkan lokasinya dekat satu sama lain sehingga penyatuan tiga pangkalan bisa terjadi di sekitar ibu kota," jelas Bambang.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif