Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Bawaslu Diminta Memilih Timsel Berkompeten

Nasional bawaslu Pemilu 2024 Pilpres 2024
Anggi Tondi Martaon • 08 Mei 2022 11:31
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membuka pendaftaran Tim Seleksi Bawaslu Daerah periode 2022-2027. Tim seleksi harus diisi sosok berkompeten. 
 
"Yang betul-betul memahami konsep pengawasan pemilu dan juga potensi kompleksitas pemilu 2024," kata Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa Nur Agustyati kepada Medcom.id, Minggu, 8 Mei 2022.
 
Pemahaman konsep pengawasan perlu menjadi perhatian khusus. Sehingga, Timsel mampu memilih calon anggota Bawaslu daerah yang bisa melakukan pemantauan pelaksanaan pesta demokrasi dengan maksimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Perludem meminta agar proses penerimaan Timsel dilakukan transparan. Publik harus bisa memantau proses tersebut.
 
"Proses pemilihan timsel yang melalui rekrutmen ini nantinya juga perlu terbuka dan transparan," ujar dia.
 
Baca: Prabowo Diprediksi Hadapi Tantangan Oligarki di Pilpres 2024
 
Bawaslu mulai membuka pendaftaran tim seleksi (timsel) anggota Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota periode 2022-2027. Masyarakat dari kalangan akademisi, profesional, maupun tokoh masyarakat diharapkan berpartisipasi dan bergabung dalam timsel.

Berikut ini syarat anggota Timsel Bawaslu Daerah 2022-2027:

  1. Usia minimal 30 tahun
  2. Minimal pendidikan Strata 1 (S-1).
  3. Memahami sistem penyelenggaraan dan pengawasan pemilu, berintegritas, serta tidak pernah menjadi anggota partai politik dalam jangka waktu lima tahun terakhir yang dinyatakan secara tertulis dalam surat pernyataan yang sah.
  4. Tidak boleh mencalonkan diri sebagai calon anggota Bawaslu provinsi, Bawaslu kabupaten/kota, calon anggota KPU provinsi atau KPU kabupaten/kota, calon anggota DPR, DPD, dan DPRD.

 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif