Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno--Antara/WIdodo S Jusuf
Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno--Antara/WIdodo S Jusuf

Dana Parpol Langkah Awal Transparansi

Nasional parpol
M Rodhi Aulia • 30 Agustus 2017 16:32
medcom.id, Jakarta: Pemerintah memutuskan bantuan dana partai politik ditingkatkan dari Rp108 menjadi Rp1.000/suara. Bantuan ini diyakini sebagai angin segar di tengah keuangan parpol yang selama ini merupakan soal rumit.
 
"Mari berangkat dari fakta yang ada. Bagaimana demokrasi yang menyejahterakan rakyat bisa terwujud bila keuangan parpol sendiri, yang menjadi agen perubahannya, masih compang-camping?," kata Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno saat dihubungi, Rabu 30 Agustus 2017.
 
Baca: Dana Parpol Dinilai sebagai Dukungan Morel Pemerintah

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari dukungan dana parpol yang lebih besar ini, Hendrawan berharap kualitas persemaian kepemimpinan di segala lapisan menjadi lebih baik. Selain itu kualitas demokrasi lebih baik, dan kualitas penyelenggaraan negara menjadi lebih baik.
 
"Tidak otomatis memang (akan menjadi lebih baik). Tapi ini langkah awal) menuju transparansi keuangan organ-organ pendukung demokrasi (salah satunya parpol)," beber dia.
 
Baca: Kalla Benarkan Dana Parpol Bebankan APBN
 
Hendrawan meyakini peningkatan bantuan dana parpol ini tidak membebani APBN. Pasalnya dana parpol ini hasil dari efisiensi pos anggaran lainnya.
 
"Ada efisiensi anggaran di sektor lain yang selama ini dinilai boros. Seperti perjalanan dinas, ritual protokoler, penyediaan konsumsi pada rapat-rapat, rapat-rapat di hotel, kebutuhan administrasi kantor, dan lain-lain," tandas dia.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif