Sikap Terbuka Pemerintah pada Pengungsi Mendapat Apresiasi

Sunnaholomi Halakrispen 24 November 2018 23:53 WIB
pengungsi sinabung
Sikap Terbuka Pemerintah pada Pengungsi Mendapat Apresiasi
Peneliti Suaka, Gading Gumilang Putra. Medcom.id/ Sunnaholomi Halakrispen,
Jakarta: Peneliti Suaka Gading Gumilang Putra mengapresiasi cara pemerintah dalam penerimaan pengungsi di Indonesia yang dinilai merupakan tanda kemanusiaan. Izin tempat tinggal para pengungsi tidak dipermasalahkan sesuai dengan peraturan presiden.

"Bahwa mereka pergi meninggalkan negaranya atas ketakutan beralasan, atas persekusi suku, agama, ras, dan pandangan politik kelompok sosial tertentu, dan itu kita apresiasi,
dan akhirnya pemerintah Indonesia mengizinkan mereka tinggal," ujar Gading di Hotel Whiz Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 24 November 2018.

Kemudian, Gading mengapresiasi adanya perkembangan lanjutan dari pemerintah pusat yang memberikan amanat kepada pemerintah daerah. Amanat tersebut ialah adanya peran aktif pemerintah daerah sebagai bentuk kerja sama.


Sementara itu Gading mengatakan ada beberapa hak dasar yang perlu diperhatikan lebih lanjut. Khususnya untuk para pengungsi yang tinggal secara independen dan rentan untuk bekerja.

"Hak seperti pendidikan, karena banyak sekali anak-anak yang tidak bisa mengakses pendidikan, ketika tabungan mereka habis, akses mereka terhadap lifely hood, bagaimana mereka bisa belanja, dan sebagainya, itu juga masih jadi catatan," tuturnya.

Terkait dengan masih banyaknya pengungsi yang tinggal di Indonesia hingga waktu yang belum pasti, Gading mengingatkan kembali terkait pengungsi Rohingya. Pengungsi tersebut masih berada di Indonesia karena Myanmar dinyatakan belum aman untuk mereka.

"Konteksnya buat kita itu, oh Myanmar belum aman, yang bisa dilakukan kecam Myanmar agar negaranya aman. Kedua, ketika ada pengungsi kita turun tangan, ramai-ramai bagaimana caranya membantu mereka," pungkas dia.



(SCI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id