DPR RI Berencana Terapkan <i>e-Voting</i>
Ketua DPR Bambang Soesatyo menerima jajaran Direksi Bank Negara Indonesia (BNI) -- Foto: dok DPR RI
Jakarta: DPR RI berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dalam mewujudkan parlemen moderen. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan salah satu terobosan baru yamg diterapkan ialah sistem e-voting dalam pengambilan keputusan.

"Setelah meluncurkan aplikasi DPR NOW, selanjutnya DPR RI akan menerapkan e-voting dalam sidang paripurna dengan menggunakan kartu akses anggota DPR. Kemajuan teknologi informasi harus dimaksimalkan, sehingga penggunaan waktu bisa berjalan efektif dan efisien," kata Bambang di ruang kerja Ketua DPR RI, Jakarta, Rabu 26 September 2018.

Dengan sistem e-voting, nantinya para anggota legislatif tidak perlu maju ke depan ruang sidang, mengantre maupun menghitung hasil pemungutan suara secara manual. Anggota DPR cukup menempelkan kartu pada mikrofon digital yang sudah tersedia di depan meja masing-masing.


"Maka suara yang diberikan langsung tercatat dan ditampilkan dalam layar monitor di depan ruang sidang. Penerapan e-voting akan membuat pengambilan keputusan di DPR lebih cepat dan efektif. Langkah ini pun dapat memperkuat demokrasi di Indonesia,” ungkap dia.

Wakil Ketua Umum KADIN ini menambahkan penerapan e-voting di Indonesia sudah memiliki payung hukum. Hal itu diatur dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Tinggal political will untuk memulainya. Jika tak bergerak maju, selalu takut dan tak mau memulai, kita tidak akan ada kemajuan," tambahnya.

Menurutnya, infrastruktur teknologi informasi maupun sumber daya manusia di Indonesia sudah sangat memadai untuk menerapkan sistem tersebut. Saat ini, parlemen Korea Selatan termasuk yang paling maju dalam menerapkan demokrasi digital. Selain e-voting, mereka sudah lebih dahulu menerapkan e-parlemen.

“Kegiatan kedewanan dilakukan secara digitaliasasi sehingga lebih efektif, efisien dan paperless. Tak heran jika mereka bisa menyelesaikan sekitar 100 RUU dalam satu periode. Secara bertahap, DPR RI juga akan menuju ke arah sana," pungkasnya.



 



(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id