Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Foto: Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Foto: Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Titik Debarkasi Kepulangan WNI

Nasional Virus Korona
Fachri Audhia Hafiez • 11 Mei 2020 19:33
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan titik debarkasi kepulangan pekerja migran Indonesia. Pintu masuk bagi warga negara Indonesia (WNI) akan diperketat dengan protokol kesehatan pencegahan penularan virus korona (covid-19).
 
"Dua titik yang selama ini kita pergunakan, terutama untuk menampung sebagai pintu masuk yakni Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten dan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali," kata Retno usai rapat terbatas (ratas) virtual, Senin, 11 Mei 2020.
 
Retno juga menunjuk Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara dan Pelabuhan Benoa, Bali sebagai akses WNI yang kembali ke Indonesia. WNI yang datang dari Malaysia bisa melalui Pelabuhan Tanjung Batam dan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sementara Malaysia yang pakai darat, Entikong Aruk (Pos Lintas Batas Negara RI-Malaysia) dan Badau. Itu entry points yang dipergunakan," ucap Retno.
 
Baca: 88.832 WNI dari Luar Negeri Telah Kembali ke Indonesia
 
Retno menegaskan pemerintah akan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin di setiap pintu masuk wilayah Indonesia. Hal ini guna mencegah penyebaran virus korona meluas di dalam negeri.
 
"Mengenai protokol ini sudah diatur surat edaran Menteri Kesehatan (Terawan Agus Putranto), dan Presiden (Joko Widodo) berkali-kali menyampaikan arahan agar protokol ini dilakukan disiplin ketat dan seragam," tegas Retno.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif