Menko Polhukam Mahfud MD/MI/Susanto
Menko Polhukam Mahfud MD/MI/Susanto

Mahfud Minta TNI AL Amankan Perairan Nasional

Nasional mahfud md pertahanan negara Laut Natuna Utara
Theofilus Ifan Sucipto • 17 September 2020 12:17
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta TNI Angkatan Laut mengamankan perairan nasional. Pertahanan itu penting untuk menjaga aset negara.
 
"Indonesia memiliki kewajiban untuk mengamankan seluruh wilayah perairan yurisdiksi nasional," kata Mahfud dalam keterangan tertulis, Kamis, 17 September 2020.
 
Mahfud menyebut keamanan perairan Indonesia untuk membangun infrastruktur. Kemudian menjamin dan memastikan keamanan jalur lintas laut (SLOC).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"SLOC memiliki nilai strategis yang tinggi," ujar dia.
 
Baca: Tiga Pendekatan Diplomasi Maritim Indonesia di Natuna
 
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu menyebut Indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia. Hal ini pula yang menjadikan Indonesia sebagai kawasan dengan geo-politik dan geo-ekonomi yang strategis.
 
"Sebagai jalur energi, distribusi komoditas dan medan pertempuran perebutan hegemoni perdagangan yang kaya akan sumber daya alam," ucap Mahfud.
 
TNI Angkatan Laut harus melakukan pertahanan secara maksimal. Langkah ini penting agar kekuatan Indonesia benar-benar dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa.
 
"TNI AL harus ditopang kekuatan yang mampu menjawab segala tantangan seiring dengan dinamika lingkungan strategis," kata dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif