Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Parpol Diminta Dorong Pemuda Maju di Pilkada

Nasional
M Sholahadhin Azhar • 13 Februari 2020 21:18
Jakarta: Tokoh muda bermunculan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Partai politik diminta mendorong mereka dalam pesta demokrasi serentak itu.
 
"Generasi muda pasti bisa bersaing, bahkan dipercaya rakyat. Asalkan, memiliki strategi yang jitu untuk meraih simpati rakyat tersebut," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 13 Februari 2020.
 
Menurut Ujang, sejumlah partai merekomendasikan figur yang lebih matang. Namun tak ada salahnya pemuda diberikan kesempatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa yang dilihat Ujang serius maju Pilkada yakni Gibran Rakabuming Raka di Solo, Hanindhito Himawan Pramana di Kediri dan Bobby Nasution di Medan. Selain itu, Ujang juga melihat Rian Ernest yang maju melalui jalur independen di Batam, dan Eko Wahyudi di Tuban sebagai sosok potensial.
 
Parpol Diminta Dorong Pemuda Maju di Pilkada
Ilustrasi Medcom.id
 
Menurut Ujang, publik mengharahpkan ide-ide segar, inovatif dan kreatif dari mereka. Tak ada salahnya ketika anak-anak muda dapat memajukan daerah masing-masing. Dengan demikain, Pilkada Serentak 2020 menjadi ajang generasi muda untuk maju sebagai pemimpin daerah.
 
"Kesempatan dan peluang bagi kaum milenial untuk tampil dan berperan di kancah politik. Sekarang ini memang era baru di mana kaum milenial akan banyak terjun di politik nasional maupun lokal," kata Ujang
 
Pilkada 2020 akan dilaksanakan di 270 daerah. Daerah peserta terdiri dari sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Pesta demokrasi serentak itu akan dilakukan pada 23 September 2020. Pendaftaran pasangan calon dimulai pada 16-18 Juni 2020.
 
Dalam pencalonan pemuda, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat menyinggung hal itu. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan partainya membuka diri kepada generasi muda.
 
Adapun Gibran Rakabuming menyatakan kesiapannya dalam Pilkada di Kota Solo. Dia ingin menyentuh masyarakat secara langsung. Strategi blusukan bertemu masyarakat di gang-gang kecil akan digunakan.
 

 

(ADN)

TERKAIT
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif