Presiden Joko Widodo/MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo/MI/Ramdani

Opsi Jokowi Bantu 3,7 Juta Nelayan dan Petani

Nasional nelayan petani presiden jokowi
Nur Azizah • 28 Mei 2020 10:38
Jakarta: Pemerintah segera menyalurkan bantuan untuk 1 juta nelayan dan 2,7 juta petani miskin. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku punya banyak skema membantu petani dan nelayan di tengah pandemi korona (covid-19).
 
Salah satunya, memasukkan mereka dalam Program Keluarga Harapan (PKH). "Bisa juga dengan bantuan sosial tunai, bantuan langsung tunai (BLT) dana desa, paket sembako dan program gratis subsidi listrik," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Mei 2020.
 
Baca:Jokowi Siapkan Rp34 Triliun Subsidi Bunga Kredit Petani

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbagai skema ditujukan meringankan beban biaya konsumsi rumah tangga dari petani dan nelayan. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan subsidi bunga kredit untuk mereka.
 
Sekitar Rp34 triliun disiapkan untuk subsidi bunga kredit. Distribusi subsidi melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).
 
"Bisa juga melalui membina ekonomi keluarga sejahtera (mekar) dan pembinaan ultra mikro (umi), pegadaian dan lewat perusahaan pembiayaan lainnya," beber Jokowi.
 
Bantuan juga didistribusikan via Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) dan Calon Petani Calon Lahan (CPCL). Kementerian Pertanian dan Kementerian Kelautan dan Perikanan juga mendapat tugas serupa.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif