Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri program Kelana Ramadan di Jakarta. Foto: Istimewa.
Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri program Kelana Ramadan di Jakarta. Foto: Istimewa.

Sandiaga Dorong Sektor Ekonomi Kreatif Berkembang Ciptakan Lapangan Kerja

Nasional lapangan pekerjaan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno
Arga sumantri • 29 April 2022 00:24
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong sektor ekonomi kreatif terus berkembang menciptakan lapangan kerja. Salah satu upaya yang ditempuh Sandiaga yakni menggencarkan program Kelana Ramadan.
 
"Ini merupakan tepat sasaran, para pelaku ekonomi kreatif selama dua tahun terakhir tidak memiliki pekerjaan saat pandemi covid-19. Saat ramadan, ide gagasan baru ini bisa kita kolaborasi membangun dan menciptakan pekerjaan," ujar Sandiaga melalui keterangan tertulis, Kamis, 28 April 2022.
 
Ia menjelaskan setiap ekonomi kreatif tengah menghadapi tantangan untuk semakin berkembang di masa peralihan dari pandemi ke endemi covid-19. Program ini bisa jadi salah satu jalan menyiapkan pelaku ekonomi kreatif naik kelas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sandiaga menyebut, para pelaku Kelana Ramadan berbagi ide, gagasan, pemasaran, pendampingan, dan pelatihan. Kegiatan ini diharapkan membantu meningkatkan omzet selama ramadan.
 
"Kita bisa lihat antusiasme di Banda Aceh, di Jakarta, dan kita akan bergerak ke Solo. Ini seperti safari ramadan, tetapi ini bentuknya berbagi peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja," tutur dia.
 
Baca: Wapres Harap Masjid Raya Baiturrahim Papua Dilengkapi BLK
 
Ia mengatakan program ini akan menyentuh lebih 35 kota kreatif untuk mengembangkan salah satu subsektor ekonomi kreatif di kota tersebut. Harapannya, sektor ekonomi kreatif menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi Indonesia.
 
Kemenparekraf terus menyiapkan sumber daya manusia (SDM), produk oleh-oleh, hingga posko mudik aman dan sehat. Kemenparekraf bekerja sama dengan TNI, Polri dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif selama libur ramadan.
 
"Kita membuat travel plan untuk memecah kepadatan lalu lintas menuju destinasi desa wisata yang ada di sepanjang jalur mudik, dan ini bisa menjadi rekreasi mudik untuk membuat mudik berbeda dengan sebelum-sebelumnya," jelas dia.
 
Sandiaga turut memberikan tips mudik aman dan sehat. Pertama, istirahat yang cukup. Kedua, memastikan kondisi kendaraan prima. Lalu, menghindari jadwal mudik yang sangat padat, serta menjadi rombongan yang turut membeli produk ekonomi kreatif saat berwisata.
 
"Harapannya kita bisa bangkit lebih baik, bangkit bersama dan menata ekonomi baru kita lebih baik," ungkap dia.
 
Sandiaga mengaku tak mudik lebaran. Sebab, semua keluarga berada di Jakarta. Ia berencana meninjau lokasi wisata di Jakarta saat lebaran. 
 
"Kita akan memantau tiga destinasi wisata seperti Ragunan, Ancol, dan TMII. Kita akan berkegiatan silahturahmi dan menyicip produk ekonomi kreatif," ujar dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif