Presiden Disebut Segera Merombak Kabinet
Presiden Joko Widodo/ANT/Rosa Panggabean
Bogor: Perombakan Kabinet Kerja bakal dilaksanakan dalam waktu dekat. Sinyal itu muncul dari Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani saat ditanyai soal calon pengganti Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang memastikan ikut Pilgub Jatim 2018.

"Jadi kita tunggu saja bagaimana kelanjutannya, itu hak prerogatif Presiden. Tentu dalam waktu dekat Presiden akan memberikan arahannya," kata Puan di Kompleks Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa, 5 Desember 2017.

Puan menuturkan Presiden memiliki kewenangan penuh memutuskan nama calon pembantunya di pemerintahan. Namun, putri Presiden ke-5 Indonesia Megawati Sokarnoputri itu belum mendengar nama pengisi posisi Mensos.


Ia juga tak pernah berkomunikasi dengan Khofifah soal pergantian di posisi Mensos. Sebagai menteri, terang Puan, Khofifah membicarakan persoalan itu langsung kepada Jokowi.

"Tapi tentu saja dalam waktu dekat. Saya rasa pastinya sudah ada arahan (pengganti Khofifah). Jadi, itu prerogatif Presiden, antara menteri dengan Presiden," tegas dia.

Juru bicara Presiden Johan Budi sebelumnya menyebut perombakan kabinet berdasarkan hasil evaluasi secara keseluruhan. Ia yakin Jokowi tak akan melihat masa kerja pembantunya di pemerintahan bila harus me-reshuffle.

"Kalau lihat dari pengalaman, Presiden juga tidak melihat apakah masa kerja kabinet ini tinggal dua tahun atau tiga tahun. Tidak memberatkan itu untuk reshuffle. Tapi tidak harus reshuffle juga," kata Johan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 4 Desember 2017.

 



(OJE)