Wacana Pencapresan Anies Hanya Spekulasi
Wakil Presiden Jusuf Kalla bersalaman dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. ANT/Wahyu Putro.
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla disebut bakal mempromosikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Pilpres 2019. Kabar itu dibantah Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi.

Sofjan mengatakan kedekatan Kalla dan Anies tak serta-merta dikaitkan dengan pemilihan presiden. Hal itu hanya spekulasi publik menjelang pemilu.

"Partai aja enggak ada. Enggaklah itu spekulasi," kata Sofjan di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis, 4 Juli 2018.


Baca: Anies Menumpang Mobil Kalla Hadiri Halalbihalal PBNU

Sofjan menilai kemesraan Kalla dan Anies cukup wajar. Keduanya memiliki kedekatan bahkan jauh sebelum Kalla menjadi pasangan Presiden Joko Widodo.

"Jangan diadulah, Anies ini merasa dia punya kesayangan juga," imbuh dia.

Sofjan pun tak yakin Anies bakal maju dalam Pilpres 2019. Karena, Anies telah berjanji akan menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sehingga, peluang maju dalam kontestasi pemilihan presiden baru terbuka pada 2024.

"Jangan mau tahun depan mau apa, saya pikir dia punya kepentingan juga supaya sukses Jakarta dulu dan tidak maju untuk 2019, 2024 bolehlah," pungkas dia.

Kedekatan Anies dan Kalla mendapatkan sorotan publik dalam seminggu terakhir. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kerap terlihat satu mobil dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri sejumlah agenda.

Setidaknya, sudah tiga kali Anies menumpang mobil dinas RI-2. Pertama kali saat kembali ke Balai Kota usai meninjau sejumlah arena Asian Games. Selang beberapa hari, Anies kembali menumpang mobil Kalla saat menghadiri halalbihalal di Kantor PBNU. Terakhir, kemesraan keduanya kembali terlihat ketika Anies keluar dari mobil Kalla saat menghadiri halalbihalal di PP Muhammadiyah. 




(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id