Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Ramdani

Penghargaan Tokoh Asia 2019 Bukti Kerja Keras Jokowi

Nasional presiden jokowi
Desi Angriani • 05 Desember 2019 12:00
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut penghargaan Tokoh Asia 2019 merupakan kehormatan bagi Indonesia. Penghargaan itu diberikan media The Straits Times Singapura kepada pemimpin berpengaruh di Kawasan Asia.
 
"Terima kasih ini kehormatan bukan untuk saya semata-mata, tapi untuk Indonesia," kata Jokowi dalam akun Instagramnya pada Kamis, 5 Desember 2019.
 
Juru bicara presiden Fadjroel Rachman mengatakan penghargaan itu bukti kerja keras Jokowi dalam membangun Indonesia. Penghargaan itu disebut sangat prestisius.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Presiden Jokowi mendapatkan anugerah Asian of the Year 2019 dari The Straits Times Singapura ini merupakan penghargaan prestisius dan pengakuan prestasi kerja bersama seluruh rakyat Indonesia," kata Fadjroel di Jakarta.
 
Fadjroel menyebut pengakuan internasional ini menjadi modal sosial pemerintah mewujudkan SDM, infrastruktur, penyederhanaan birokrasi, dan regulasi. Termasuk mewujudkan ekonomi Indonesia masuk ke dalam empat besar dunia pada 2045 setelah Tiongkok, Amerika Serikat, dan India
 
"Kita adalah bangsa pemenang," tegasnya.
 
Melansir The Straits Times Singapura, Presiden Jokowi dianggap berhasil menempatkan Indonesia dalam 10 negara berpengaruh di kawasan ASEAN. Bahkan para pemimpin negara anggota mengadopsi pandangan ASEAN yang dirancang Indonesia tentang Indo-Pasifik pada KTT ASEAN di Bangkok.
 
Dalam pandangan tersebut, Indonesia berupaya mempertahankan posisi netral kelompok regional di tengah meningkatnya persaingan antara Tiongkok dan Amerika Serikat untuk supremasi di negara tersebut.
 
"Adalah Pak Joko yang pertama kali memperkenalkan konsep kerja sama berdasarkan prinsip-prinsip utama, termasuk keterbukaan, inklusivitas, dan sentralitas Asean, pada KTT Asia Timur di Singapura pada November tahun lalu," tulis The Straits Times Singapura.
 
Penghargaan the Straits TimesAsian of the Year sudah berlangsung selama delapan tahun. Tokoh yang menerima penghargaan ini sebelumnya, mantan PM Singapura Lee Luan Yew, PM India Narendra Modi, dan Prasiden Tiongkok Xi Jinping.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif