Bawaslu Sosialisasikan Pakta Integritas ke Demokrat
Ketua Bawaslu Abhan menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)--Medcom.id/Faisal Abdalla.
Jakarta: Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Abhan menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kedatangan Abhan untuk menyosialisasikan pakta integritas.

"Yang kami bawa adalah soal pakta integritas. Jadi kami sampaikan kepada ketua umun dan Pak Sekjen, pakta integritas itu imbauan kami terhadap Partai Demokrat agar nantinya mengusung politisi-politisi yang bersih dan amanah," kata Abhan di Kediaman SBY, Jalan Mega Kuningan Timur VIII, Jakarta Selatan, Selasa, 10 Juli 2018.

Abhan mengatakan sosialisasi hari ini ke Demokrat sama seperti sosialisasi ke partai-partai lain. Dia mengungkapkan SBY selaku ketua umum dan Hinca Pandjaitan selaku sekretaris jenderal telah menandatangani dokumen pakta integritas sama seperti partai-partai lain yang sudah lebih dulu didatangi Bawaslu.


"Isinya (pakta integritas) adalah tidak mengusung dan mencalonkan mantan napi koruptor, napi teroris, napi narkoba, dan napi kejahatan seksual. Ada juga pakta integritas pencalonan tidak menggunakan money politic dan juga di dalam kampanye tidak menggunakan isu SARA," imbuh Abhan.



Sementara itu, SBY mengaku sepenuhnya mendukung persyaratan yang diatur dalam pakta integritas. Ia menegaskan apa yang diatur dalam pakta integritas sudah sesuai dengan nilai-nilai Partai Demokrat.

"Pakta integritas kalau saya baca elemennya itu juga yang menjadi komitmen Demokrat. Oleh karena itu kami mendukung penuh dan berharap semua elemen politik di negeri ini memiliki hati dan pikiran yang sama, komitmen yang sama dengan yang diinginkan Bawaslu ataupun sesungguhnya keinginan rakyat Indonesia," tandasnya.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id