Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.
Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.

Unggul Tipis, Elektabilitas Sandiaga Tertinggi di Survei Cawapres

Anggi Tondi Martaon • 22 September 2022 18:09
Jakarta: Survei Charta Politika Indonesia membeberkan elektabilitas calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menempati posisi pertama dengan elektabilitas 22,3 persen.
 
Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, mengatakan Sandiaga unggul tipis. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di urutan kedua dengan elektabilitas 20,8 persen. 
 
"Pada kategori calon wakil presiden, Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil menjadi pilihan tertinggi responden," ujar Yunarto dalam pemaparan survei, Kamis, 22 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tokoh yang menduduki posisi ketiga sebagai cawapres adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan elektabilitas 7,2 persen. Kemudian, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir dangan 6,1 persen; Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan 4,3 persen; dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan4,1 persen.
 

Baca: Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Capai 31,3%, Anies Merangkak Naik


Selanjutnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan 3,7 persen; Ketua DPR Puan Maharani 3,2 persen; Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dengan 2,1 persen; dan yang paling bawah yakni Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar  dengan 2 persen. Respondan yang menjawab tidak tahu atau tidak jawab sebanyak 15,5 persen.
 
Survei dilakukan pada 6–13 September 2022, melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Jajak pendapat melibatkan 1.220 responden, yang tersebar di 34 Provinsi.
 
Metodologi survei yakni acak bertingkat (multistage random sampling). Sementara itu, margin of error survei kurang lebih 2.82 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif