Presiden Joko Widodo. Medcom.id
Presiden Joko Widodo. Medcom.id

Di Tengah Korona, Jokowi Ingatkan Misi Besar Reformasi Birokrasi

Nasional reformasi birokrasi
Nur Azizah • 14 April 2020 11:38
Jakarta: Presiden Joko Widodo fokus mengejar misinya meski Indonesia tengah dilanda pandemi korona (covid-19). Jokowi ingin reformasi birokrasi, reformasi peningkatan produktivitas, dan transformasi ekonomi terus berjalan.
 
"Saya ingatkan, kita harus tetap fokus pada misi besar kita, reformasi struktural yang harus tetap berjalan, reformasi untuk percepatan dan pemerataan pembangunan baik itu reformasi regulasi, reformasi birokrasi," kata Jokowi dalam sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Selasa, 14 April 2020.
 
Meski begitu, pemerintah harus tetap mewaspadai dampak lanjutan covid-19 terhadap ekonomi di 2021. Seluruh risiko, potensi, dan peluang harus dihitung dengan cermat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Baik risiko dan potensi yang akan terjadi di lokal maupun global," kata dia.
 
(Baca: Rp55 Miliar Digelontorkan Dorong Digitalisasi Birokrasi)

Prediksi Ekonomi 2020

Pendemi covid-19 diprediksi memengaruhi sejumlah target pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Perubahan ini diperkirakan terjadi cukup signifikan.
 
"Akan terkoreksi cukup tajam. Ini bukan hanya terjadi di negara kita, tapi juga di negara lain," kata Jokowi.
 
Lembaga internasional baik Bank Dunia maupun International Monetary Fund (IMF) memprediksi ekonomi global 2020 memasuki periode resesi. Jokowi menuturkan, berdasarkan data yang diterima, ekonomi global tumbuh negatif 2,8 persen.
 
"Kita harus menyiapkan diri dengan berbagai skenario. Kita tidak boleh pesimistis, tetap harus berikhtiar, bekerja keras untuk pemulihan. Baik pemulihan kesehatan, pemulihan ekonomi. Insyaallah kita bisa," ucap dia.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif