Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dok. Medcom.id
Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dok. Medcom.id

KPU Berharap Regulasi Baru Terkait Pemilu Terbit Tepat Waktu

Nasional pemilu pilkada serentak revisi uu pemilu
Fachri Audhia Hafiez • 24 Januari 2021 21:22
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap revisi Undang-Undang (UU) tentang Pemilihan Umum (Pemilu) terbit tepat waktu. Aturan itu akan menggabungkan dua UU.
 
"Diharapkan bisa tepat waktu (terbitnya regulasi). Sehingga cukup waktu bagi para pihak untuk melakukan pendalaman, pemahaman," kata Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi kepada Medcom.id, Minggu, 24 Januari 2021. 
 
Raka mengatakan penyelenggara pemilu membutuhkan waktu mendalami aturan itu. Sehingga, implementasi dari produk hukum itu bisa maksimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Raka menjelaskan sosialisasi, pendidikan pemilih berkelanjutan, hingga distribusi logistik sangat penting. Dia berharap aturan itu menjawab kebutuhan penyelenggara pemilu.
 
"Persiapan teknis dan logistik sesuai ketentuan dan kebutuhan pada saat itu (pemilu)," ucap Raka.
 
DPR tengah menggodok revisi UU Pemilu. Beleid itu akan menggabungkan dua aturan pemilu, yakni UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada dan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.
 
Baca: Komisi II: Pilkada Serentak Tak Digelar 2024
 
Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengatakan legislator tengah merancang jadwal pelaksanaan pemilu dan pilkada dalam aturan itu. Penyelenggaran pilkada serentak sejatinya digabung dengan pileg dan pilpres pada 2024 seperti tercantum dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.
 
Namun, politikus Partai Golkar itu menilai penggabungan rangakaian tahapan pemilu akan menguras tenaga. DPR merancang pilkada dilaksanakan di antara pileg dan pilpres.
 
"Dalam draf undang-undang (revisi UU Pemilu) yang sekarang kita milih opsi yang pertama, yaitu dengan melaksanakan pilkada serentak nasional di 2027 dan konsekuensinya pilkada serentak sebelum itu, di 2022 dan 2023," kata Doli dalam diskusi virtual bertajuk 'Revisi UU Pemilu dan Pilkada 2022'.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif