Pasukan keamanan Israel bersitegang dengan sekelompok pemuda Palestina di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, pada Jumat, 7 Mei 2021. Foto: AFP
Pasukan keamanan Israel bersitegang dengan sekelompok pemuda Palestina di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, pada Jumat, 7 Mei 2021. Foto: AFP

Indonesia Didesak Galang Kekuatan Internasional Kecam Kekerasan di Masjid Al-Aqsa

Nasional Palestina pbb israel palestina kemenlu Israel indonesia-palestina
Fachri Audhia Hafiez • 09 Mei 2021 16:49
Jakarta: Pemerintah didesak tegas dan menggalang kekuatan internasional untuk mengecam kekerasan di Kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem. Pasukan Israel menyerbu masyarakat Palestina yang baru saja selesai menunaikan salat Isya dan Tarawih.
 
"Beri sanksi atas tindakan brutal Israel ini," kata Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR Jazuli Juwaini dalam keterangan tertulis, Minggu, 9 Mei 2021.
 
Menurut dia, Indonesia harus melindungi rakyat Palestina. Hal ini diperlukan sebagai upaya mendukung kemerdekaan Palestina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Indonesia sebagai negara muslim terbesar dunia akan selalu mengambil peran terdepan," ujar Jazuli.
 
Baca: Erdogan Geram Kekerasan Israel di Al-Aqsa Terjadi Setiap Ramadan
 
PKS, kata Jazuli, mengecam kekerasan tersebut. Dia berharap negara lain tidak lagi menutup mata atas pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat oleh Israel.
 
Senada, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR Saleh Partaonan Daulay mengutuk kekerasan tentara Israel itu. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) didesak tak diam terhadap Israel.
 
"PBB dan seluruh negara yang bernaung di bawahnya harus mengambil tindakan tegas kepada Israel. Bukankah salah satu fungsi PBB adalah menciptakan perdamaian dan ketertiban dunia?" kata Saleh.
 
Pemerintah didesak mengambil upaya diplomatik agar warga Palestina bisa dilindungi. Pemerintah harus berkomunikasi dengan negara-negara lain di PBB.
 
"Indonesia dan Palestina memiliki hubungan sejarah yang sangat panjang. Wajar kalau Indonesia memiliki kepentingan besar bagi perdamaian dan keamanan warga Palestina," ucap Saleh.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif