Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Saleh. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Saleh. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

MUI: Perilaku Anarkistis Menodai Kesucian Ramadan

Nasional Demo Massa Penolak Pemilu
Arga sumantri • 22 Mei 2019 16:40
Jakarta: Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta semua pihak terutama mereka yang turun ke jalan menahan diri agar tak terprovokasi. Setiap muslim wajib memelihara kesucian Ramadan.
 
"Tindakan anarkistis yang dilakukan mencederai kesucian Ramadan dan hukumnya haram", kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh usai pleno di Kantor MUI, Jakarta, Rabu, 22 Mei 2019.
 
Ia mengatakan rapat Komisi Fatwa MUI salah satunya membahas kondisi sosial terakhir yang dinilai menodai kesucian Ramadan. Komisi Fatwa MUI pun mengimbau masyarakat terus menjaga suasana kondusif dan kedamaian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan dalam menyampaikan aspirasinya, harus dilakukan dengan santun serta dalam koridor hukum," ujarnya.
 
Niam juga mengimbau aparat penegak hukum melakukan langkah persuasi dalam menghadapi masyarakat yang menyampaikan aspirasi. Sebaliknya, aparat diminta berlaku tegas terhadap pelaku kekerasan.
 
"Perlu langkah preventif agar kekerasan tidak meluas eskalasinya. Aparat dan umat Islam perlu mencegah potensi kekerasan sekecil apapun untuk menjamin kemaslahatan bangsa," ungkapnya.
 
Semua pihak diminta mewaspadai adanya provokasi yang merusak kerukunan dan persaudaraan. Baik persaudaraan sesama umat Islam (ukhuwah Islamiyah), kerukunan sesama anak bangsa (ukhuwah wathaniyah), dan kerukunan sesama anak manusia (ukhuwah insaniyah) .
 
"Masyarakat yang menyampaikan aspirasi, harus dilaksanakan dalam koridor hukum, dilakukan secara santun, dan mewaspadai adanya infiltrasi serta provokasi yang merusak," ujarnya.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif