Partai Demokrat kubu KLB Deli Serdang. ANT/Nur Aprilliana
Partai Demokrat kubu KLB Deli Serdang. ANT/Nur Aprilliana

Digugat Tak Boleh Pakai Atribut Demokrat, Pendiri Partai Meradang

Nasional partai politik Partai Demokrat kongres partai demokrat
Fachri Audhia Hafiez • 15 April 2021 05:39
Jakarta: Pengurus Partai Demokrat Kubu Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang, Sumatra Utara, geram setelah sejumlah pihak digugat oleh DPP Partai Demokrat. Gugatan terkait pelarangan penggunaan atribut partai berlogo Mercy itu oleh kubu Moeldoko.
 
Salah satu pendiri Partai Demokrat di kubu KLB, Hencky Luntungan, menyesalkan tindakan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dia diminta tak semena-mena.
 
"Siapa dia? SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) saja tidak bisa melarang. Apalagi AHY yang cuma ketum 'jadi-jadian'," ujar Hencky dalam keterangan tertulis, Rabu, 14 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hencky mengeklaim dia dan Ifan Pioh menggodok logo Partai Demokrat. Logo dibuat dan dirancang di Graha Pratama lantai 11, Jakarta Selatan.
 
Steven Rumangkang selaku pendiri, ditugaskan dalam pembuatan lambang Partai Demokrat. Tapi, Steven tidak kunjung membuat lambang tersebut.
 
"Pada suatu sore, almarhum Vence Rumangkang perintahkan saya (Hencky) dan Ifan Pioh membuat lambang Partai Demokrat. Di ruang kerja Ifan Pioh lah kami mulai menggambar lambang bintang Mercy tersebut," jelas Hencky.
 
(Baca: Kubu AHY Beberkan Sejarah Merek dan Logo Partai Demokrat)
 
Ifan disebut menggambar lambang bintang Mercy. Hencky menentukan warna. Setelah itu, logo dibawa kepada Vence Rumangkang dan mendapat restu.
 
Hencky menyebut makna segi tiga Mercy ialah Ketuhanan Yang Maha Esa, socio nasionalisme, dan socio demokrasi. "Om Vence merespons dengan baik dan mengatakan itu sama dengan Tri Sila Bung Karno, sama dengan Pancasila sesuai pidatonya di PBB," ucap Hencky.
 
Kubu AHY menggugat 12 pihak sekaligus mantan kader Demokrat. Mereka yakni M Rahmad, Yus Sudarso, Syofwatillah Mohzaib, Max Sopacua, Achmad Yahya, Damizal, Marzuki Alie, Tri Julianto, Supandi Sugondo, Boyke Novrizan, Jhoni Allen Marbun, dan Aswin Ali Nasution.
 
Gugatan itu didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan nomor perkara 236/Pdt.G/2021/PN Jkt.Pst. Penggugat adalah AHY dan Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya.
 
Pada materi gugatannya, penggugat meminta majelis hakim menyatakan para tergugat tidak memiliki dasar hukum (legal standing) dalam hal melaksanakan aktivitas apa pun dengan mengatasnamakan Partai Demokrat. Tindakan dimaksud dikualifikasi sebagai perbuatan melawan hukum, tertuju pada Kongres Luar Biasa Partai Demokrat, Deli Serdang, Sumatra Utara. Penggunaan segala atribut itu dinilai mencitrakan Partai Demokrat yang sah.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif