Jokowi Restui JK Jadi Pihak Terkait Gugatan UU Pemilu

Achmad Zulfikar Fazli 22 Juli 2018 17:35 WIB
pilpres 2019
Jokowi Restui JK Jadi Pihak Terkait Gugatan UU Pemilu
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam rapat terbatas di Kantor Presiden. Foto: MI/Panca Syurkani.
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo untuk menjadi pihak terkait dalam gugatan Undang-Undang Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK). Jokowi telah merestui langkah wakilnya itu.

"Pak JK sudah berkoordinasi dengan Pak Jokowi, dan Pak Jokowi setuju Pak JK sebagai pihak terkait dalam uji materi UU Pemilu di MK," kata staf khusus Presiden bidang komunikasi Johan Budi saat dihubungi, Minggu, 22 Juli 2018.

Johan tak membeberkan kapan dan di mana Jokowi dan JK membahas masalah ini. Namun berdasarkan informasi yang didapatkan, komunikasi kedua pimpinan itu berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.


Baca juga: Kalla Ajukan Diri Jadi Pihak Terkait Gugatan UU Pemilu

Partai Perindo menggugat Pasal 169 huruf n UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu menilai Pasal 169 huruf n menghalangi JK untuk maju sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019.

Gugatan Perindo terdaftar dengan Nomor 60/PUU-XVI/2018. Perindo mengaku dirugikan dengan Pasal 169 huruf n yang menyatakan capres dan cawapres bukanlah orang yang pernah menjadi presiden atau wakil presiden sebanyak dua periode.

Sementara itu, kuasa hukum JK, Irmanputra Sidin, mengatakan kliennya mengajukan diri sebagai pihak terkait dalam uji materi UU Pemilu.

Irman menjelaskan, JK merasa memiliki tanggung jawab konstitusional untuk masuk sebagai pihak terkait. Irman menegaskan permohonan masuk sebagai pihak terkait bukan karena kepentingan pribadi.



(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id