Wakil Ketua Komisi VI Fraksi NasDem Martin Manurung. MI/Pius Erlangga.
Wakil Ketua Komisi VI Fraksi NasDem Martin Manurung. MI/Pius Erlangga.

Alasan NasDem Lebih Setuju Pembentukan Pansus Jiwasraya

Nasional Jiwasraya
Arga sumantri • 15 Januari 2020 16:04
Jakarta: Fraksi NasDem lebih setuju DPR membentuk panitia khusus (pansus) kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya. Pansus dibentuk untuk menjamin semua proses berjalan dengan baik.
 
"Agar terselenggara dengan baik on the track," kata Wakil Ketua Komisi VI Fraksi NasDem Martin Manurung di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Martin mengatakan kasus Jiwasraya tak bisa dibebankan kepada salah satu komisi di DPR. Sebab, Jiwasraya adalah BUMN sekaligus lembaga keuangan yang dibidangi lintas komisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak mungkin hanya wilayah kerja komisi VI, ada komisi XI," ujarnya.
 
Ia menerangkan, lembaga-lembaga yang mengawasi dan melakukan audit Jiwasraya seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pemeriksa Keuangam (BPK) berada di wilayah kerja Komisi XI.
 
Sementara Komisi VI memastikan upaya Jiwasraya dan Kementerian BUMN mencari uang untuk menutupi kasus gagal bayar. "Jadi komisi VI dan XI tidak mungkin kerja sendiri-sendiri," ujarnya.
 
DPR batal membentuk panitia khusus (pansus) PT Asuransi Jiwasraya (Jiwasraya) dan PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI). Komisi hanya membentuk panitia kerja (panja).
 
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan Komisi VI membentuk panja pengawasan BUMN dan supervisi kinerja Jiwasraya dan ASABRI. Sedangkan, Komisi XI melakukan pengawasan dan supervisi terkait keuangan.
 
"Kita minta buat panja. Komisi III untuk mengawasi dan supervisi hal-hal yang telah dilakukan oleh Kejaksaan Agung kemarin," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.
 

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif