Wakil Presiden Jusuf Kalla saat penutupan sekolah legislatif Partai NasDem. Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat penutupan sekolah legislatif Partai NasDem. Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

Kalla Berharap Legislator NasDem Kritis

Nasional partai nasdem jusuf kalla
M Sholahadhin Azhar • 19 Juli 2019 20:45
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menutup sekolah legislatif Partai NasDem. Dia berharap kader NasDem yang duduk di Parlemen bisa memberikan kritik yang konstruktif terhadap kinerja pemerintahan.
 
"Mengkritik pemerintah secara konstruktif itu bagian dari kita untuk memajukan bangsa dengan seimbang," kata Kalla di Gedung Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat, 19 Juli 2019.
 
Kalla mengatakan pemerintahan membutuhkan kontrol DPR sebagai penyeimbang. Sebab, Kalla menilai pemerintah bisa salah arah bila tanpa pengawasan.Namun, pemerintah juga memerlukan dukungan para legislator dalam menerapkan kebijakan. Ia meyakini legislator NasDem bisa melakukan peran itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Walau NasDem bagian dari pemerintah, tapi pengawasan harus dijalankan secara proporsional dalam bentuk perbaikan," ujar Kalla.
 
Kalla meyakini seluruh kader NasDem yang melenggang ke Senayan bisa mendukung kinerja pemerintah. Ia yakin kader NasDem di Parlemen punya peran untuk membangun keseimbangan itu.
 
Kalla berharap Indonesia akan maju, adil, dan makmur. Menurut Kalla, kemakmuran bisa dicapai bila pemerintahan mendapat pengawasan penuh.
 
"Tugas kita semua bagaimana Indonesia maju dengan adil. Maju saja tak cukup, adil juga tanpa kemakmuran tak cukup," kata dia.
 
Baca: Legislator NasDem Diminta Menjaga Martabat
 
Hari ini, sekolah legislatifPartai NasDem angkatan pertama resmi ditutup. Sekolah legislatif NasDem yang dikhususkan bagi para anggota DPR terpilih NasDem ini sudah dihelat sejak 16 Juli. Sekolah Legislatif sengaja dilakukan untuk meningkatkan kualitas legislator NasDem yang melenggang ke Senayan. Pada Pemilu 2019, NasDem memiliki 59 anggota DPR terpilih.
 
Setelah ini, NasDem melakukan sekolah legislatif untuk angkatan kedua hingga ketujuh. Pesertanya, yakni para anggota DPRD NasDem terpilih di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. NasDem tercatat meraih total 185 kursi untuk DPRD tingkat provinsi. Sedangkan ada 1.629 anggota DPRD terpilih untuk tingkat kabupaten/kota.
 
Total legislator NasDem yang duduk di Parlemen pusat hingga daerah sebanyak 1.873 kursi. Jumlah ini masih mungkin bertambah sebab masih ada proses gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Legislatif 2019 yang masih berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK).
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif