Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: MI/Mohamad Irfan
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: MI/Mohamad Irfan

Surya Paloh Tak Ambil Pusing Komposisi Menteri

Nasional surya paloh kabinet jokowi
Putra Ananda • 14 Agustus 2019 20:03
Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh tidak mau ambil pusing soal komposisi nama-nama menteri yang ada di kantong Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Surya, komposisi kabinet merupakan sepenuhnya hak prerogatif presiden.
 
"Bagaimana pun komposisinya. Mau 25 persen, 35 persen, 50 persen, 100 persen dari kalangan parpol atau profesional, itu semua hak prerogatif presiden," tutur Surya ditemui usai memberikan kuliah umum kebangsaan di Kampus Pasca Sarjana Universitas Indonesia (UI), Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Hal yang sama juga berlaku bagi posisi portofolio kabinet Jaksa Agung. Surya menekankan bahwa NasDem mendukung Jokowi tanpa syarat. Artinya, mengenai urusan kader NasDem yang menduduki bangku di kabinet, diserahkan semua kepada Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Begitu pun posisi Jaksa Agung, semua hak prerogatif presiden," tuturnya.
 
Surya mengaku dirinya belum mengetahui siapa-siapa saja nama menteri yang sudah dikantongi oleh Jokowi. Sambil bergurau, dia mengungkapkan mungkin dirinya menjadi orang yang terakhir yang akan diberikan informasi langsung dari Jokowi.
 
"Sampai saat ini belum tahu siapa nama-nama menterinya. Mungkin saya yang terakhir kali ya. Ya, tidak apa-apalah," kata Surya.
 
Ketika disinggung Jokowi akan memberikan jabatan menteri kepada anak muda berumur di bawah 30 tahun, Surya meyakini nama tersebut bukanlan nama anaknya, yaitu Prananda Surya Paloh. Menurut Surya, putra semata wayangnya tersebut belum siap untuk diberi jabatan sekelas menteri.
 
"Anak saya kalau saya lihat sih gagah, tapi kurang cocok untuk jadi menteri. Alasannya memang perlu berproses lebih lagi," kata Surya.
 
Baca: Kabinet Jokowi-Ma'ruf Telah Rampung
 
Kabinet Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin telah rampung disusun. Presiden terpilih Jokowi menyebut susunan kabinet bisa diumumkan dalam waktu dekat.
 
"Bisa segera, bisa juga Oktober. Tetapi pasar kelihatan menunggu dan berharap segera diumumkan," kata Presiden Jokowi ketika bertemu pimpinan media di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2010.
 
Jokowi mengatakan sebanyak 55 persen dari total penghuni kabinet berasal dari profesional. Sedangkan sisanya bakal diisi kader partai politik yang telah disepakati partai pendukung.
 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif